Manfaat Berwudhu Yang Benar Untuk Kulit

Wudhu adalah aktivitas yang tak asing lagi buat seorang muslim, terlebih muslim di indonesia adalah mayoritas. Tahukah bahwa berwudhu itu bagus untuk kesehatan kulit, karna bisa mengangkat kotoran yang menempel dikulit. Namun berwudhulah dengan baik dan benar seperti yang diajarkan rasulullah.

manfaat wudhu untuk kulit

Wajah seseorang yang sering berwudhu selalu tampak cerah meskipun kulitnya tak terlalu putih, apa sajakah manfaat berwudhu bagi kesehatan kulit :

  • Membuat rileks otot-otot kulit : Setelah banyak beraktivitas otot akan terasa kaku, dengan melakukan wudhu maka otot-otot kaku menjadi kendor dan berasa rileks diwajah. Kita juga akan merasa rileks serta pikiran terasa tenang setelah berwudhu
  • Mencerahkan kulit : Berwudhu bisa mengangkat kotoran yang menempel pada bagian wajah, kotoran bisa menempel kapan saja namun dengan berwudhu semua kotoran yang membandel bisa terangkat sehingga kulit wajah tampak cerah dan bersih.

Menurut prof. Leopold werner von ehrenfels yang berkebangsaan austria menemukan keajaiban dalam berwudhu, menurut beliau bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar. Dari sini ia menghubungkan hikmah wudhu yang membasuh pusat-pusat syaraf tersebut.
Cara mencerahkan kulit bisa kamu lakukan dan coba dengan berwudhu, jika ingin putih bisa mencoba pemutihan dengan menghindari cahaya matahari, serta jangan lupa pakai sunblock yah ketika keluar rumah agar kulit alami terjaga. Berwudhu juga dianjurkan sebelum tidur, tujuannya agar kotoran terangkat sebelum tidur. Mungkin itu saja yang bisa saya bahas hari ini, semoga sahabat tak bosan untuk membaca artikel saya yang lain :)
Manfaat Berwudhu Yang Benar Untuk Kulit Manfaat Berwudhu Yang Benar Untuk Kulit Reviewed by Natureve Shop on Agustus 27, 2015 Rating: 5

46 komentar:

  1. emang bener manfaat kita beribadah itu banyak sekali, terutama buat kesehatan badan sendiri. sep banget

    BalasHapus
  2. luar biasa ya ternyata, khasiat dari berwudhu,
    solat merupakan kewajiban, dan wajib solat harus berwudhu, kalo kita teliti ternyata berwudhu banyak manfaat nya untuk kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak defa, selain untuk menunaikan kewajiban ternyata bagus juga untuk kesehatan kulit :)

      Hapus
    2. ayo mbak lain kali saya imammin hahah

      Hapus
    3. semoga harapan mas wong bisa terwujud. aminkan :)

      Hapus
  3. Habis Wudhu Biasanya wajah terlihat lebih cerah hehehehhehe,,,

    BalasHapus
  4. kalau wudhu dilakukan minimal 5 kali dalam sehari saja sudah kelihatan dan dapat dirasakan manfaatnya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang ucup, keliatan sekali apalagi dianjurkan berwudhu sebelum tidur..

      Hapus
  5. ternyata memang Allah sudah merancang keajaiban wudhu secara sedemikian rupa ya, tinggaL bagaimana seorang anak manusia untuk menyikapi kebiasaan berwudhu (ibadah) secara bijak sekaLigus mengambiL manfaat-manfaat Lain yang terkandung di daLamnya.
    bukan hanya itu, juga perLu merawat apa yang teLah dikaruniakan-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong kang, biar tetap cerah dan ganteng.hehehe

      Hapus
  6. Sungguh berartinya dari sebuah wudhu, membersihkan diri ketika hendak menghadap-Nya sekaligus menjadi salah-satu merawat kebersihan fisik ya kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang kips, memang bagus juga buat kulit wajahnya..

      Hapus
  7. jadi pemutih dan pencerah kulit alami adalah dengan berwudhu yaa .. melebihi cream dari dokter nih karena alami .. memang luar biasa sekali khasiat berwudhu ini :) terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya mencerahkan, kalo dibilang putih banget sih engga tapi orang yang sering wudhu bercahaya wajahnya :)
      kalo cream dokter juga sebenarnya bagus, jadi boleh pakai cara ini atau mencoba resep dokter juga gpp. kalo wudhu kan gratis :)

      Hapus
  8. Itulah mukjizat dari berwudhu ... Orang yg sering berwudhu minimal 5 kali sehari ditambah perawatan kulit dgn memakai produknya dunia kecantikan, pasti tambah ganteng dan cantik saudara2 ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, terimakasih mas hanibi :)
      perawatan luar saja memang tidak cukup untuk hasil yang memuaskan.harus memberikan nutrisi untuk kulit dari dalam juga mas :)

      Hapus
  9. jadi kalo wudhu mesti sempurna ya mas...
    ada efeknya rupanya, tidak hanya sekedar memenuhi syarat shalat saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya wudhu harus sempurna bukan untuk kesehatan wajah saja.tapi buat kewajiban kita juga sih mas :)
      tapi saya sendiri juga masih belum tau wudhu saya benar atau tidaknya.hehehehe

      Hapus
    2. kalau sudah betul berarti sudah benar mas :D

      Hapus
    3. kalau sudah benar berarti memenuhi syarat mas :)

      Hapus
  10. Ada yg pernah bilang wudhu adalah pembersih wajah alami tanpa biaya dan perawatan mahal rupa2nya banyak manfaat yang sungguh terkandung di dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,meskipun wudhu tidak memutihkan tapi setidaknya keliatan bersih dan bercahaya :)

      Hapus
  11. Itulah khasiat wudhu sambil beribadah sama tetep menjaga kesehatan terutama kesehatan kulit wajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ani, karna dengan membasuh wajah bisa mengangkat kotoran yang menempel :)

      Hapus
  12. ternyata segitu banyaknya manfaat Wudhu, pantas kalau orang rajin shalat 5x sehari wajahnya kebanyakan bersih2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersih bercahaya ya,? maka dari itu memang sebaiknya kita lebih bisa menyempurnakan cara berwudu yang benar agar terasa manfaatnya.

      Hapus
    2. ya selain kewajiban berwudhu juga sangat bagus untuk mengangkat kotoran pada wajah sehingga terlihat bercahaya wajahnya :)

      Hapus
  13. Iya wudhu bisa bikin wajah segar dan bercahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain itu bisa juga membuat rileks otot-otot kulit dari keseharian kita mba :)

      Hapus
  14. sungguh besar kuasa allah dengan menjadikan wudlu sebagai salah satu syarat sahnya sholat.
    karena banyak sekali manfaat wudlu yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas, memang didalam kewajiban itu selalu ada manfaat yang bisa kita nikmati.

      Hapus
  15. Pantesan muka orang yang suka sholat itu cerah-cerah ya.. soalnya kan kalo mau sholat mesti wudhu dulu.. jadi berwudhu bisa bikin bercahaya.. menurut prof dari Austria juga ajaib khasiat wudhu ya Kang... hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kang diar memang sudah semestinya kita bersyukur karena dalam kewajiban yang akan kita lakukan selalu saja ada manfaat yang bisa kita nikmati.

      Hapus
  16. Yuupp,,, setuju banget sama postingannya gan,, Udah sering denger di pengajian dan di acara acara tausiyah di tv manfaat dr wudhu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan selain yang diterangkan di tv mas :)

      Hapus
  17. setuju banget, kerasa banget kok segarnya air wudhu bikin wajah cerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip, mudah-mudahan bisa menjadikan kita lebih semangat beribadah :)

      Hapus
  18. Subhan Allah pisan ya manfaatnya benar-benar luar biasa. Emang nggak ada sesuatu pun yang nggak Mungkin bermanfaat dari ajaran Rosululloh.. Nice share

    BalasHapus
  19. Setuju dan gak disangkal lagi...beruntung sekali menjadi Muslim... :0

    BalasHapus
  20. Great info. Memang banyak sekali manfaat berwudhu. Semoga istiqomah. Amin,

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.