18/09/15

Efek buruk sering bergadang

Waktu yang baik untuk tidur ialah tidur diawal malam dan bangun dibagian akhir malam itulah yang dianjurkan Rasulullah SAW.. jangan biasakan untuk terjaga dimalam hari ingat juga kata bung H. Rhoma Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Memang benar itu  tuh apalagi jadi kebiasaan ada baiknya jangan deh karena itu menimbulkan efek buruk bagi kesehatan kita.
Mari kita ungkap kenapa tidak boleh begadang menurut lirik lagu bung Haji.



Bila terlalu banyak begadang muka pucat karena darah berkurang.
Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika sering begadang adalah muka menjadi terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung. Selain itu, begadang akan menimbulkan serta mempercepat munculnya banyak kerut di sekitar mata maka dengan tidak begadang itu adalah sebagian dari cara mencegah penuaan dini.  tidur diakhir malam menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol. Kortisol dalam jumlah banyak akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit. Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhan hanya diproduksi pada saat tidur dalam keadaan tenang, nyaman dan lelap.

Bila sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang
Malam hari adalah waktu yang digunakan tubuh kita untuk detoksifikasi racun. Detoksifikasi ini terjadi ketika tubuh kita tertidur pulas. Namun jika kita begadang maka racun tidak terdetoksifikasi. Jadi penyakit akan datang dari racun tersebut.Jika begadang mulai dibiasakan mengundang risiko penyakit seperti Hipertensi, jantung, stroke, diabetes obesitas, Alzheimer.

Begadang boleh saja kalau ada perlunya
namun perlu diketahui juga, jika sebelumnya bergadang ada baiknya diusahakan tidur setelah terbit matahari ya sekitar jam 6 pagi atau jam 6.30 (waktu Indonesia).
karena saya juga pernah dengar Secara medis, pola tidur setelah subuh kurang sehat. Perlu diingat yang namanya pola hidup tidak sehat, bukan sekarang akibatnya, tetapi akumulasi dan akan lebih terasa ketika usia mulai menua dengan pola hidup yang tidak sehat. Sebagaimana para perokok yang mengaku:
“Saya perokok tetapi masih kuat lho untuk olahraga, masih sehat ya kan?”
jawabnya: nanti kita lihat ketika ia sudah akan tua, banyak keluhan kesehatan bagi perokok ketika sudah tua.

Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga saja bermanfaat terimakasih.

70 komentar

saya nih salah sayu orang yg punya kebiasaan begadang mas

mau ngilangin begadang susah banget.mencoba tidur jam 9 malam malah sakit semua ,gimana coba?

kalau bisa jangan terlalu sering mas yant, meskipun sama porsi tidur misalkan 4-7 jam namun itu tidak lebih baik dibanding yang suka tidur diawal malam. kalau yg sering begadang cenderung Hb dan tensi darahnya rendah.

Masa sih mas,? ahh itu mah alasan mungkin. :)
saran saya jangan terlalu sering aja mas yan :))

Yang jelas, saya setuju kang "bila terlalu banyak begadang muka pucat karena darah berkurang"
Gak sambil gual-geol kok haha...

Tapi memang beneran susah kang, kalau sudah akut insomnianya heu...

Saya juga kang, masih terbiasa euy. Dari sekolah dulu hingga kini dah aki-aki haha... Syukur Alhamdulillah masih bisa kebagi-bagi waktunya.

Heu ya syukur kalau begitu mah kang. namun alangkah baiknya agar tidak dibiasakan agar tubuh lebih fress :)

Memang tidak mudah untuk mengubah pola istirahat namun bukan tidak mungkin kan kang? :)

Heuheu, maka dari itu ada baiknya kita mengubah pola tidur agar lebih jagjag waringkas kalau kata nenek saya mah :)

akan saya coba menerapkan sarannya mas

ya silahkan mas, Semoga nikmat sehat selalu tercurah untuk kita semua.

kaLo manfaatnya begadang ada Kang? kayaknya bakaLan seru tuh kaLo diuLas :D

saya nggak pernah begadang mas, hanya kalo ada perlunya saja :)

nah merokok juga indikator kesehatan, kalo masih boleh merokok oleh dokter brarti sehat,
saran saya supaya asap tdk mengganggu orang lain lebih baik ditelan saja, sayangkan mubazir :)

anggota anti ayam jago pasti mempunyai pandangan tersendiri akan begadang. Heuheu
sip lah mungkin di lain waktu akan saya ulas kang :)

oh gitu mas wong, bung rhoma juga sekarang jarang begadang katanya, kecuali ada perlunya :D
kalau ditelan itu baiknya sama nasi biar lebih kenyang/. heuheu

Saya salah satunya, biasanya malam minggu saya sering otak atik blog, memperbaiki tampilan dan mempelajari

Yang penting jangan terlalu sering mas, agar kesehatan tubuh bisa terjaga. :)

Kalau saya biasanya tidurnya lebih awal mas terus bangun jam 3 an buat Online, ngeblog, medsos, dll :D Hehe.

wah hebat dong mas, biasanya orang yang bisa tidur lebih awal dan bangun di akhir malam badannya selalu fit dan jarang terlihat sayu

Kalau begadang bikin kurus, bener ngga sih.... trus kalau dapet shift malem, apa itu di sebut bergadang?

Bisa jadi sih mas karena saat kurang tidur, badan kita jadi lemah dan otak tulalit, sehingga mood kita pun jadi nggak stabil. tergantung dari pribadi masing-masing mas, ada juga yang malah menjadi gendut. jikalau sift malem yang dimaksud memungkinkan terjaga sampai akhir malam atau sampai pagi. itu disebut bergadang juga namun ada artinya mungkin mas :)

Lagunya bung Rhoma ada benernya juga ya mas. Tapi kalau blogger ya tentunya sering begadang mas. Soalnya paketnya yang murah malam :D
Salam kenal mas, senang bisa berkunjung di blog keren ini :)

Heu, tuntutan profesi ya mas? :)
memang sih paket kalong rata-rata memberikan harga murah, namun jangan terlalu sering juga mas, karena yang saya tau jam istirahat yang baik itu malam hari bukan kebalikannya.
ya salam kenal juga mas :)

Ngeblog paling asyik memang tengah malam gan, kalau nggak begdang ya susah :D

Yang di rasakan sama saya kalau sering bergadang itu di siang hari jadi ngantuk terus dan ada mata panda + mataku jadi ada kantung matanya :(

Heu, ya jangan keseringan aja gan, karena itu kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Ya maka dari itu jangan keseringan terjaga dimalam hari, ada baiknya biasakan tidur diawal malam agar tidak gampang ngantuk di siang harinya. heu lingkar hitam dimata memang sering juga ya disebut mata panda ? :)

Kalau saya memang susah tidur mas kalau malam, bukan begang kan ya namanya ? kan tidurnya juga bisa siang. he,, he,,, he,,

Intinya kalau pada begadang nanti cepat tua loh....

Saya tidak ngajarin begadang loh ya....

Denger tuh kalau kebanyakan begadang malah susah ya kang. xixixixi.

Mungkin sekalian ronda kang jaga keamanan juga bisa ko. Kan itu juga ada manfaat dari begadng.

kalau saya sih gak begadang tapi memang susah tidur...biasanya tidur jam 2an gan. makanya paginya sering loyo dan butuh tidur lagi siangnya....kemarin sempat minum obat di kasih dokter tapi ya kembali lagi setelah normal seminggu....

solusi begadang, biar cepet ngantuk adalah minum susu panas

saya sekarang tiap malam begadang terus kang xixixi... tapi begadang juga ngerjakan tugas hehehe... jadi gpp kan ya kang :D

Yang merokok keluhannya nanti pas tua ya? Waduh! hehe :) Sungguh terlalu kalo begadang tiada artinya akan berefek buruk, tapi kalo begadang ada artinya walau tetep berefek buruk namun terpaksa ya... hehehehehehehehe terpaksa begadang :)

Waduh, saya baca postingan ini di saat lg bergadang :(
Serem jadinya, tp makasih bro udh diingatkan, jd sadar klo skrng jam setengah 1 malam.
Harus segera tidur ini, hehe

Ternyata Banyak Begadang itu kurang sehat buat kesehatan ya Mas Hendri.... mangkaning saya teh sering begadang coba Mas.. teu hade kan Mas..?

Seperti yang Bang Haji Rhoma Irama sampaikan pada Lyrics lagu BEGADANG. itu sangat baik jika di resapi arti Lyrics nya ya Mas..?

Saya yang sedih mah Mbak Wida.. Malam nya begadang pas pagi harus bangun dan kerja menghibur Masyarakat lagi. kasihan kan sayah..? :D

Mangkaning saya banyak begadang malam Mas.. habis tuntutan profesi Mas Hen... gimana atuh solusina...?

Begadang jangan Begadanggg
Kalau tiadak artinyaaaaa
Begadang boleh sajaa
Kalau ada gunanya

kang indra tidak ngajarin begadang namun suka ngajak join kopi sampai larut malam ya? :D

heu, ya kang namun ada baiknya jangan keseringan juga agar kesehatan tubuh terjaga.

nah artisnya sudah datang mas, silahkan yang mau goyang kedepan :D

emang susah juga sih kalau untuk tuntutan profesi.heu Namun untuk solusinya menurut saya imbangi dengan olahraga dan jangan lupa makan mas karena udara malam itu kurang baik untuk tubuh.

ya mas saud, dalam lirik lagu pengarang juga tak jarang menitipkan pesan kepada para pendengarnya :)

Namanya terjaga dimalam hari ya disebut begadang juga kang :)
meskipun porsi tidur sama namun malam hari itu lebih baik lho kang,

Memang sih mbah , karena keseringan terjaga dimalam hari seseorang bisa jadi malah susah tidur dihari depannya, maka dari itu alangkah baiknya mulai merubah pola tidur mbah :)

Ya bisa juga sih mba, asalkan jangan pakai obat tidur karena bahaya bila ketergantungan obat tidur :)

Berarti itu mah begadang ada perlunya mas,heu
Gpp lah jangan lupa makan mas karena untuk tetap terjaga dimalam hari itu butuh banyak tenaga :)

Ya kang kebanyakan seperti itu. ada baiknya mulai mengurangi konsumsi merokok dan mudah-mudahan bisa berhenti menjadi perokok aktif :)
heu kalau untuk itu mah ya mau gimana lagi atuh? meski mengimbangi juga dengan pola makan yang benar dan olahraga mungki itu bisa dijadikan solusi.kang.

sungguh terlaluh
jangan jadikan kebiasaan aja bro agar tubuh menjadi fress di pagi hari:)

Ya atuh mas saud jangan keseringan kalau bisa mah, jaga juga kesehatan karena udara malam itu kurang baik untuk tubuh.

ya ampun ...baru tau kalo begadaang bisa bikin zat kolagen pecah, yang bearti kesehatan kulit menurun, setelah baca ini jadi berasa nyesel akhir-akhir ini begadang mulu kadang sampai jam 2 jam 3.

kan udah konsumsi gLow coLLagen, sesuai dengan rekomendasi Kang Awan buat mengatasi penuaan dini :D

heu, penggunaan suplemen Glow Collagen memang bisa untuk menunjang problem penuaan dini. namun akibat begadang kan bukan cuma bisa menyebabkan penuaan dini kang, :)

Ya mulai dari sekarang coba atuh menerapkan anjuran tidur yang benar, agar kesehatan pun terjaga :)
karena jikalau dibiasakan secara terus menerus kita juga akan susah tidur diawal malam. ada baiknya menjadikan pisang sebagai konsumsi buah-buahani harian kita, setahu saya kandungan karbohidrat tinggi dalam pisang bisa meningkatkan kadar asam amino yang disebut triptofan pada otak. Makan pisang menjelang tidur bisa meningkatkan serotonin yang merangsang tubuh menjadi lebih santai dan akhirnya mengantuk.

ya mas saya malah ketagihan begadang mulu gara-gara pas masuk jadi mahasiswa, jadi sekarang tidur cepet pungak bisa, dan tidur tepat waktu malah berubah jadi waktu kluyuran malem-malem

Saya sih kalau ngga ada kerjaan diusahakan tidur ngga lebih dari jam 10 malem. besok pagi bisa bangun awal biar siap olahraga

pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata... hiks.. Semua tidak sampai begini..

Maka dari itu alangkah baiknya untuk merubah kebiasaan tersebut, kalau dibiasakan seperti itu dikhawatirkan tubuh kita akan mudah terserang penyakit mas.

Ya bagus mas kalau sudah bisa menerapkan pola tidur seperti itu. Udara pagi memang paling enak untuk bina jasmani. :)

Heu mba arum sepertinya suka begadang juga yaa?heu
ada baiknya segera merubah pola tidur atuh mba. :)

Kalo ga begadang gimana ngeblognya, hehe..bisanya cuma malem e mas.

heu, ya kalau itu sih terserah mba nya, pilihan ada di tangan mba sendiri :)
kalau bisa sih jangan sering begadang karena tidak baik untuk kesehatan mba :)


EmoticonEmoticon