16/09/15

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit

kandungan lycopene dalam tomat bermanfaat untuk kesehatan kulit
Tomat adalah buah yang ajaib karena dimasyarakat tomat itu juga masih sering dianggap syuran.heu
meskipun begitu sebenarnya tomat termasuk buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Namun, hingga saat ini masih banyak juga orang yang beranggapan bahwa tomat sebagai sayuran, lho kenapa yaa? :) mungkin karena tomat sering dijual oleh tukang sayur dan memberi andil dalam mensejahterakan masakan pula. heu

Andrew F. Smith dalam tulisan karangannya yang berjudul "The Tomato in America", menjelaskan bahwa tomat itu kemungkinan besar berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Amerika Selatan dikuasai oleh spanyol tomat menjadi tersebar ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa.  mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Tomat mengandung senyawa karotenoid yang bernama Lycopene. Lycopene merupakan salah satu zat pigmen kuning tua sampai merah tua yang termasuk kelompok karotenoid yang bertanggung jawab terhadap warna merah pada tomat. senyawa karetonoid ini dikenal sebagai senyawa antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas akibat polusi dan radiasi sinar Uv.
Lycopene juga temasuk senyawa antioksidan yang lebih efektif dibandingkan vitamin E secara in vitro. Lebih unggul dibandingkan dengan beta karoten.

Namun perlu diketahui makan tomat juga jangan terlalu berlebihan antioksidan Lycopen bisa berubah menjadi umpan penyakit seperti IBS (Irritable Bowel Syndrome) jika jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. Tubuh juga akan mengalami beberapa masalah usus lain seperti gas perut, kembung, gangguan pencernaan, mual-mual, muntah, diare, dan lainnya. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk konsumsi likopen lebih dari 30 mg per harinya ya meskipun tomat mempunyai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi tomat. :)


10 komentar

Ternyata Tomat punya juga manfaat dibidang kesehatan,,,, Artinya punya dua Fungsi memperbaiki secara Outside dan Inside,

kaLo kekurangan dampaknya nggak bagus, termasuk juga keLebihan efeknya jadi buruk. emang sih bagusnya mah yang sedang-sedang saja, kayak Neng Feti Ferra :D

Lycopene, baru tahu dan dengar nama ini. Betul juga jika terlalu banyak makan tomat perut terasa pegah dan kembung. Pengennya buang gas melulu :)

ya mas irwin, namun perlu diperhatikan juga porsinya jangan sampai mengundang penyakit :)

siph, kita juga harus bisa mengontrol porsinya agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan.
Neng feti fera memang semakin di depan.

ya semoga saja menambah pengetahuan untuk kedepannya mas Dj. maaf mas kalau mau buang gas jangan disini yaa :D

penyakit apaan tuh mas IBS (Irritable Bowel Syndrome)?
baru denger saya penyakit itu

IBS (irritable bowel syndrome) adalah gangguan fungsional yang menyerang saluran pencernaan mas.

yang Lain mah, makiiiin ketinggaLan :D

bikin saya gogodeg neng feti fera mah :)


EmoticonEmoticon