02/10/15

Lindungi Budaya Indonesia Dengan Menggunakan Batik

Tags

Batik adalah Seni Pewarnaan kain yang sering disebut salah satu bentuk seni kuno dengan tekhnik perintang pewarnaan menggunakan malam.
Batik Indonesia adalah Warisan yang mesti kita jaga Pada tanggal 2 oktober 2009 UNESCO juga menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan NonbendawiMaster pieces of the Oral and intangible Heritage of Humanity). Tanggal 2 oktober sering juga disebut hari batik internasional. Sudah seharusnya kita menjaga warisan budaya ini UNESCO juga mengakui akan warisan budaya kita.

Lindungi Budaya Indonesia Dengan Menggunakan Batik

Batik Indonesia memang beragam motifnya desainnya juga sangat menarik dan pasti memiliki nilai seni yang tinggi maka dari itu yuk kita lestarikan warisan nenek moyang kita ini dengan memakai batik hari ini, setidaknya memberi tahu pada kerabat kita bahwa hari ini hari batik Internasional.
Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat.

Lindungi Budaya Indonesia Dengan Menggunakan Batik
Lindungi kulitmu putihmu dengan Pynocare

34 komentar

jujr mas saya baru tau kalo hari ini hari batik.
maafkan sayah.

Tepat banget waktunya, pas hari jumat; jadi sebagian besar orang kerja memakai Batik :-)

Aku juga baru tahu jika hari ini hari batik. Aku sendiri juga penyuka batik. Tapi sayang ya, kain batik harganya mahal. terpaksa beli yang sablonan.

Heu, meskipun lupa tapi kebantu dengan kebiasaan memakai batik pas hari jumat :)

yang penting masih bisa berpartisipasi untuk melestarikannya mas dj :)

mas batik emang ada hari internasionalnya ya. kalo gitu saya kudu pake batik nih nanti malah ah

Ya mas pengakuan UNESCO terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya indonesia. :)

wah, ternyata saya telat mengucapkan Selamat Hari Batik Internasional Kang, Selamat hari batik Internasional buat semuanya ....

Coba kalau ada mas yan pasti mesti bayar tuh kang. :)
Selamat hari batik juga Kang Eka.

Love budaya bangsa #bangga berbatik :)

Iya tadi di sosmed rame bener.. pada ngucapin sambil selfi selfi..

Yang bikin unik itu tiap daerah punya corak tersendiri.. keren :-)

Eh beneran nih, ketinggalan banget ane lupa kalau kemarin Hari Batik Nasional ternyata.
Kalau gitu mari kita sama-sama pake batik dan melestarikan batik
Btw mas, di sulsel juga resmi punya batik loh tahun ini namanya Batik Lontara

saya kemarin pakai batik seharian :)

Ya bagus lah jikalau banyak yang ngasih tau mah mba :)
nah itu hebat nya batik kita banyak sekali coraknya dan biasanya ada pilosopi nya dalam gambar batik itu.

Wah masa mas,? Hebat dong yaa sudah punya batik resmi sekarang mah.
sip lah semoga dengan adanya batik dari Sulsel menambah kecintaan kita pada warisan budaya ini. :)

Walaupun kemarin belum tau kalau tanggal 2 oktober adalah hari batik, tapi alhamdulilah saya juga sudah melestarikannya dengan sering memakai batik.

salah satu cara melindungi perajin batik adalah dengan membeli batik asli yaitu batik tulis atau batik cap tapi jangan membeli batik printing...itu himbauan yang saya dengar dari telvisi dalam rangka memperingati hari batik... :)

Ya begitulah mas kita juga jangan malu untuk memakai batik karena itu juga bisa menjadikan daya tarik untuk yang lainnya agar memakai batik dan ikut melestarikannya.

Memang sih ciri khas yang membuat nilai seni yang sangat tinggi dari batik kan proses pewarnaannya yang masih menggunakan cara tradisional.

aLhasiL, iniLah esensi serta niLai fiLosofis yang terkandung daLam berbagai warisan budaya LokaL nusantara yang masih eksis di tengah-tengah masyarakat dan sebagian Lagi nyaris punah tergiLas oLeh roda modernisasi.

persoaLan mendesak saat ini adaLah keterbatasan data dan minimnya dokumentasi, bukan pekerjaan mudah daLam menyatukan dan mensosiaLisasikan agar bagaimana seni, budaya dan tradisi LokaL nusantara khususnya dibidang perbatikan dapat terus terjaga keLestariannya. tradisi LokaL nusantara bukan sekedar warisan LeLuhur yang habis manis sepah dibuang, meLainkan telah menjeLma menjadi urat nadi kehidupan bangsa secara berkesinambungan.

saLam batik Indonesia

Siip, jangan sampai lah warisan budaya ini tergeser oleh perputaran masa dan pergeseran waktu. maka dari itu sebagai generasi penerus ada baiknya kita ikut melestarikan warisan budaya yang memiliki nilai seni sangat tinggi ini.

batik indonesia memang harus dilestarikan, saya pertamax aja mbak mas :)

Saya suka pakai batik, sayangnya lupa kemarin waktu hari batik lupa share artikel

Ane Alhamdulillah sekarang suka banget sama batik gan, apalabi sekarang banyak batik yg cocok buat anak muda. Hehehe

Sekarang mah udah banyak dijadiin beragam fashion item, baju batik ga hanya cuma buat undangan doang.

heu, meskipun tidak share,memakai batik juga itu salah satu cara untuk melestariklan batik mas

siph semoga saja dengan banyaknya kaula muda yang memakai batik bisa menjadikan warisan ini tak lekang oleh waktu.

ya bagus lah itu bisa juga mendorong daya minat masyarakat untuk menggunakan batik ya mas? :)

kalau beli kain batik tulis tuh suka gak tega ya memotongnya untuk jadi baju... Akhirnya beli yang batik cap (alesan nyari murah)

heuheu ya sih mahal jua tapi kalau potong sendiri akan memberi kepuasan tersendiri jua mba :)


EmoticonEmoticon