04/12/15

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

Tags

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah, diabetes, glukosa


Membahas Gula Darah memang yang paling dominan itu adaalah penyakit kencing manis atau penyakit diabetes. Disadari atau tidak Negara kita itu memang termasuk dari 9 negara dengan penderita diabetes terbanyak di Dunia. Diabetes merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan tubuh yang diakibatkan oleh tingginya Kadar Gula Darah seseorang atau Hiperglikemia yang terjadi secara menahun.
Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.

Meski kita ketahui juga kadar gula dalam darah seseorang itu bervariasi mulai dari 82mg/dl, 110mg/dl (4,4-6,1mol/1). namun jika menurut The american Diabetes Association mereka merekomendasikan kadar glukosa pasca makan kurang dari 180mg/dl(10mmol/1) dan pra makan glukosa plasma  90-130mg/dl (5-7,2mmol/1). Tingkat gula darah diatur melalui umpan balik negatif untuk mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh. Level glukosa di dalam darah dimonitor oleh pankreas. Bila konsentrasi glukosa menurun, karena dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, pankreas melepaskan glukagon, hormon yang menargetkan sel-sel di lever (hati). Kemudian sel-sel ini mengubah glikogen menjadi glukosa (proses ini disebut glikogenolisis). Glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah, hingga meningkatkan level gula darah.

Apabila level gula darah meningkat, entah karena perubahan glikogen, atau karena pencernaan makanan, hormon yang lain dilepaskan dari butir-butir sel yang terdapat di dalam pankreas. Hormon ini, yang disebut insulin, menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen. Proses ini disebut glikogenosis), yang mengurangi level gula darah.
Diabetes mellitus tipe 1 disebabkan oleh tidak cukup atau tidak dihasilkannya insulin, sementara tipe 2 disebabkan oleh respon yang tidak memadai terhadap insulin yang dilepaskan ("resistensi insulin"). Kedua jenis diabetes ini mengakibatkan terlalu banyaknya glukosa yang terdapat di dalam darah. ( sumber: wikipedia )

Memang sih Dari segi medis yang saya tahu itu belum ada obat yang pasti akan menyembuhkan diabetes, paling juga dengan suntik insulin secara berkala itu juga tidak menyembuhkan. Untuk menurunkan Kadar Gula Darah bisa kita upayakan dengan mengontrol dan menjaganya.

Berikut Cara Menjaga Kadar Gula Darah

Mengatur Pola Makan
Biasakan makan yang bergizi dan seimbang jangan asal kenyang  :)
Baca Juga :
Ory Vena Beras Yang Baiki Untuk Kesehatan Tubuh

Mengatur Pola Istirahat Yang Benar
Pola Istirahat yang benar juga mempengaruhi Kadar gula darah kita agar tetap normal dan stabil
Baca Juga:
Efek Buruk Sering Begadang

Olahraga
Dengan Olahraga yang rutin dan teratur dapat menjadikan kadar gula darahpun normal dan stabil.

Hindari Makanan Cepat Saji
Makanan yang cepat saji biasanya memicu kadar gula darah semakin tinggi atau tidak normal.

Makan-makanan yang berserat
Konsumsi buah dan sayur memang bisa menunjang kesehatan.Mengkonsumsi makanan yang berserat juga bisa menjaga Kadar Gula normal dan stabil.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. semoga bermanfaat.
Jika Anda mau menambahkan silahkan isi dikolom komentar.
Baca Juga:

Liptin Ettude house Made in Korea
Masker Coklat Jadikan kulit Lebih Awet Muda
10 Alasan Kenapa Isteri Tak Kunjung Hamil



EmoticonEmoticon