06/01/16

Manfaat Sunnah Rasul Untuk Kesehatan

Manfaat Sunnah Rasul Untuk Kesehatan

Bismillahirrahmanirrahim.

Sunnah rasul, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda coba?
ya memang sih kebanyakan orang mengetahui sunnah rasul itu hanya ada di malam jumat yaitu bersenggama dengan pasangan halalnya, wallahualam bishawab Saya sendiri sih belum menemukan keterangan akan hal itu, mungkin bagi pembaca yang mengetahui bisa juga berbagi di kolom komentar akan hadis darimana sebenarnya itu, mungkin benar saja itu disunnahkan. Namun terkadang miris juga bila itu malah dijadikan guyonan, apalagi bagi mereka yang masih berpacaran bilang sunnah rasul, sunnah darimananya coba ? heuheu

Sunnah Rasul dalam pandangan syariat adalah sikap, tindakan, aktifitas, ucapan dan cara Rasulullah Shallalhu alayhi wa Sallam menjalani hidupnya. Disadari atau tidak sunnah rasul itu memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya :

Buang Air Dengan Setengah Jongkok
Kencing berdiri beresiko terkena penyakit prostat dan batu ginjal. Kencing jongkok lbih bersih dan juga  menyehatkan, BAB duduk, bresiko tinggi wasir/ambeien. BAB jongkok lbh bersih, mnyehatkn, dan yg terpenting itu adalh Sunnah.

Makan Yang Benar
Makan dan minum berdiri mengganggu perncernaan dan itu tidak baik untuk kesehatan bila dilakukan secara terus menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa bebenturan dengan makanan atau minuman yang masuk., Namun menurut guru saya Makan dikursi juga masih kurang mnyehatkan. berbeda dengan di lantai, dengan setengah sila seperti yang di sunnahkan karena menurut guru saya itu menjadikan tbuh akan mbagi perut mjadi 3 ruang: udra, mknan, air. 

Dr. Ibrahim Al-Rawi menerangkan, "Jika manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang. Organ keseimbangan dalam pusat syaraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri dengan stabil dan sempurna. Hal ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf terpenting pada saat makan dan minum. Sehingga untuk mendapatkan ketenangan itu adalah pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minuman dengan tepat dan terkontrol."
Makan dengan tanga lebih baik daripada menggunakan alat bantu, pasalnya Enzim d tangan mbantu mkanan lbh mudah dicerna. Dibanding dengan besi, kayu, atau plastik yg digilirkan, Mkan dengn tangan lebih bersih, fitrah, menyehatkan, dan itu adlah Sunnah!

Tidur Yang Benar
Tidur yang dianjurkan itu adalah tidur di awal malam, meskipun porsi tidurnya sama misalkan 4 jam namun tidur di akhir malam itu tidak baik untuk kesehatan karena tidur diakhir malam menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol. Kortisol dalam jumlah banyak akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit. Malam hari adalah waktu yang digunakan tubuh kita untuk detoksifikasi racun. Detoksifikasi ini terjadi ketika tubuh kita tertidur pulas. Namun jika kita begadang maka racun tidak terdetoksifikasi. Jadi penyakit akan datang dari racun tersebut.Jika begadang mulai dibiasakan mengundang risiko penyakit seperti Hipertensi, jantung, stroke, diabetes obesitas, Alzheimer.


Rasulullah menganjurkan sebelum tidur itu baiknya berwudlu terlebih dahulu. Hemat saya sih berwudhu itu memang bagus untuk kesehatan kulit, karna bisa mengangkat kotoran yang menempel dikulit, jika kita berwudlu sebelum tidur pastinya problem kulit juga setidaknya  lebih bisa di minimalisir.
Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu. tidur dengan menghadap ke sebelah kanan memang sangat baik karena banyak manfaatnya, diantaranya :
  • Mengistirahatkan otak kiri. Pada dasarnya, otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak bagian bertugas mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Dalam keseharian, kita sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Dengan tidur miring ke kanan, maka gantian otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan. Dan ini dapat menghindarkan dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.
  • Mengurangi beban jantung. Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan. Hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akan menurun. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa orang lain karena posisi jantung lebih condong ke sebelah kiri.
  • Mengistirahatkan lambung. Apabila seseorang tidur degan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime ( makanan yang dicerna lambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat proses pengosongan lambung.
  • Mencegah batu kantung empedu. Dengan tidur miring ke kanan menyebabkan aliran chiem lancar sehingga cairan empedu meningkat. Hal ini dapat mencegah batu kantung empedu.
  • Meningkatkan waktu penyerapan gizi. Saat tidur akan akan terjadi pergerakan usus yang meningkat. Dengan posisi tidur miring ke kanan akan membuat perjalan makanan yang tercerna lebih lama, sehingga penyerapan sari makanan lebih optimal.
  • Merangsang buang air besar. Dengan tidur miring ke kanan akan membuat proses pengisian usus besar lebih cepat penuh sehingga merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Ini akan merangsang untuk buang air besar.
  • Mengistirahatkan kaki kiri. Dalam aktifitas keseharian kita cenderung menggunakan kaki sebagai pusat pembeban sehingga kaki cepat merasa pegal. Dengan tidur miring ke kanan akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehinnga rasa pegal lebih cepat hilang.
  • Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan lebih besar daripada paru-paru kiri. Saat tidur miring ke kanan, jantung juga akan condong ke kanan. Hal ini tak masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.
  • Menjaga saluran pernafasan. Dengan tidur miring ke kanan akan mencegah jatuhnya pangkal lidah yang dapat mengganggu saluran pernafasan.
Itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, mohon maaf bila ada salah-salah kata dalam penyampaiannya. semoga bermanfaat.

13 komentar

yang pasti dapat pahala kang kalo melakukan yang sunnah. kalo dasarnya sih kang yang malam jumat itu ga ada kang yang ada hari jumat kang mandi sunah. hahahahaha.
kalo melakukan apapun jika itu sesuai sunah enak ya manfaat lahir dapat pahala dapat. mantaps

Ya Kang dengan menuruti tunutunan kita, insyaaAllah itu adalah yang terbaik. perkara malam juma't mah saya juga kurang tahu kang apa itu sunnah apa bukan. :)

Tips- tips di atas seharusnya lebih di pahami ya....mengingat kesehatan dan pola hidup sehat sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita...

Postingan yang ini pokoknya subhanalloh Kang Awan,,, spechless hehehehehehe :)

Cocok sekarang lagi malam jum'at. Padahal setiap malam juga nggak masalah :D

duuh kirain sunah yang mana ini teh... xexexe
Kalau pipis sambil jongkok saya sih udah praktikan dan memang itu sangat dianjurkan,, apalagi untuk mereka muslim yang suka Shalat,, maka untuk masalah buang air kecil harus mencotoh rasul,,, agar ibadahnya juga sempurna tidak ada najis,, karena kalau sambil berdiri itu kurang sempurna dan biasanya menurut pengalaman,, nanti kalau pas ruku atu sujud,, air tersisa biasanya akan menetes ke sarung atau celana dan katanya itu bisa membuat shalat jadi tidak sah,, walohualam bisawab

Ya mas, sebenarnya apa yang di sunnahkan bukan untuk memberatkan kita, namun lebih ke cara hidup kita agar bisa lebih sehat.

Ya semoga saja bermanfaat KAng Diar. :)

Nah itu juga menjadi poin penting mas, sunnah rasul juga sangat baik untuk meminimalisir tetesan air seni yang mungkin tidak terlihat mengenai kain yang kita pakai. jikalau membawa najis memang tidak sah mas.

Saya sependapat dengan mas awan tentang sunah Rasul yg malam jumat hanya di jadikan guyonan padahal sunah Rasul artinya luas.

Mengenai makan dengan menggunakan tangan, itu sering saya lakukan, seperti yg di tulis pd artikel ini, makan tanpa menggunakan sendok bermanfaat untuk kesehatan (tentunya tangan harus bersih terlebih dahulu).

Untuk masalah tidur, memang kita di sunahkan untuk berwudhu, selain bermanfaat untuk kesehatan juga untuk kesucian tidur kita...ada yg bilang, jika kita tidur dalam keadaan tidak suci (hadas besar) para Malaikat enggan untuk mendekat dan menjaga kita di saat tidur..

Jika bersenggama dengan pasangan di malam jum'at itu bukan sunah Rasul mas, karena apa yang disunahkan oleh Rasul pasti tercatat dalam Hadits Shahih. jika tidak ada dalilnya dalam Al-Qur'an dan Hadist sudah sangat jelas bahwa menggauli istri dimalam jum'at bukanlah sunah. jika kita menganggap sunah berarti kita telah membuat ajaran baru dalam islam yang tidak pernah diajarkan oleh Rasul Alloh.

Buang air dengan setengah jongkok itu bagaimana ya mas? mungkin jongkok kali ya? itu memang sudah jelas bahwa rasul telah bersabda tentang adab buang air kecil dan ternyata manfaat dari buang air kecil dengan jongkok dapat mengurangi resiko terserang penyakit prostat dan batu ginjal ya.

Sedikit tambahan lagi nih mas dari saya.
Memelihara jenggot juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit tenggorokan dan suara serak, saya lupa info ini saya baca dari mana karna dulu saya tahu pas masih sekolah SMA. Selain itu memelihara jenggot juga termasuk sunah Rasul, karena beliau juga merawat dan memelhara jenggot.


EmoticonEmoticon