16/01/16

Minuman Bersoda Memicu Penuaan Dini

minuman bersoda  cocacola, sprit, fanta
Minuman bersoda, !!!
Siapa coba yang gx doyan minuman ini ?
Minuman bersoda  nyatanya memang enak dan bikin ceria, apalagi kalau diminum saat panas terik "bareng teman-teman", kebayang kan segernya.? :)
Namun perlu diketahui juga minum soda berlebih itu tidak baik untuk kesehatan dan bisa meneyebabkan penuaan dini.

Benarkah Minuman Bersoda Memicu Penuaan Dini ?
Menurut International Journal of Clinical Practice, Kandungan fosfor dalam bentuk asam fosfat di dalam soda yang menyebabkan sensasi kesegaran itu, ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang. Jika minuman  ini dikonsumsi terus menerus, maka tulang akan menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori. Mengalami penurunan kepadatan tulang yang dapat memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.

Fosfor ini sendiri sebenarnya adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tulang kita, tentu saja bersama kalsium. Keduanya memang dibutuhkan oleh tulang kita dalam jumlah yang seimbang. Akan tetapi, fosfor juga dapat berbahaya bagi tulang kita. Jika kandungan fosfor terlalu banyak, ini akan mengganggu penyerapan kalsium oleh tulang. Akibatnya, tulang kita akan kekurangan kalsium dan menjadi berkurang kekuatannya serta cepat keropos. Dosis kafein yang tinggi dalam soda juga menyebabkan iritabilitas, gelisah, insomnia, tekanan darah tinggi, dan detak jantung tidak teratur.

Baca Juga : Gula VS Kesehatan dan kecantikan

Kandungan gula dalam soda sangat tinggi selain buruk bagi kesehatan konsumsi gula berlebih juga berdampak buruk bagi kulit, ketika mengkonsumsi gula maka tubuh akan cepat mengonversinya menjadi glukosa yang meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan membuat tubuh akan mudah dehidrasi. Hal ini terjadi karena ginjal mencoba untuk membuang kelebihan gula yang terkandung dalam soda dari tubuh. Gula sifatnya menyerap seluruh air dalam sel, sehingga kulit akan tampak kering karena dehidrasi. Bukan cuma itu, lingkar hitam pada mata juga bisa disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan.
Menurut International Journal of Clinical Practice, ada beberapa efek yang berbahaya bagi tubuh jika sudah kecanduan soda:

  • Soda tidak memiliki nilai gizi lain selain kalori dan kadar gula yang tinggi, tidak mengherankan jika penggemar soda yang paling rentan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung menjadi gemuk. Sebagian besar minuman ringan mengandung 250 kalori per 600 ml. Tidak ada konten nutrisi atau mineral di dalamnya, tetapi hanya gula dan kafein.
  • Soda adalah diuretik yang meningkatkan produksi urin. Sifat diuretik ini membuat cairan di dalam tubuh banyak keluar melalui urin, jika tidak diimbangi dengan minum air putih dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi.
  • Kandungan asam fosfat dalam soda yang menyebabkan sensasi kesegaran ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang. Jika sering mengkonsumsi soda, maka tulang akan menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori. Mengalami penurunan kepadatan tulang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.
  • Kandungan asam dari soda dapat merusak gigi, Minuman bersoda dapat merusak gigi karena mengandung kadar gula tinggi. Komponen asam dari soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Jika di konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan erosi pada lapisan perut yang dapat memicu masalah pencernaan seperti perut mulas, kembung, gas dan lainnya.
  • Kandungan natrium pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa minum soda terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan jantung juga.
  • Mengonsumsi minuman soda terus menerus juga dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya seperti diabetes tipe 2 karena kadar gula tinggi memberikan efek kafein yang dikandungnya, seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan denyut jantung tidak teratur.
Itu saja yang bisa saya uraikan pada artikel mengenai Minuman Bersoda Memicu Penuaan Dini, semoga menambah pengetahuan dan bisa membuat kita menuju cara hidup yang lebih baik lagi dengan lebih bijak mengkonsumsi minuman bersoda.
Baca Juga :

14 komentar

kalo minuman yg bikin awet muda ada engga?
untung jarang minum minuman bersoda

Ada mas Glow collagen.
ya baiknya jangan terlalu sering minum-minuman bersoda agar tidak ada pemborosan umur. :)

wah, kacau! selain bikin gampang haus juga bisa bikin penuaan dini. baru tau gue -__-
kalori plus kadar gula, apa kah manfaatnya bagi kesehatan :")

Kalau minum soda dapat memperbanyak darah haid dan mempercepat waktu haid, betul gak mas?

Untuk manfaatnya hemat saya bisa menjadi sumber tenaga, namun jika berlebihan itu bisa memicu penyakit seperti obesitas dll.

Tidak ada hubungannya antara minum soda akan membantu haid lebih banyak keluar. Karena soda diminum melalui saluran pencernaan, yang tidak ada hubungannya dengan saluran reproduksi.
Setahu saya soda memiliki kandungan kafein dan pemanis buatan (aspartame). Menurut penelitian epidemiologi yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology pada tahun 1999 mengenai konsumsi kafein dan fungsi menstruasi. mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak menjadi dua kali lebih mungkin untuk mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi.

kalo sekali-sekali boleh lah mang minum soda, soalnya dari rasanya enak banget kan, asal jangan berlebihan saja, karena yang berlebihan itu tak baik..

Yah gua doyan banget lagi minuman bersoda. mesti kurang-kurangin nih.

Ya Kang boleh saja, asal jangan berlebihan.

Alhamdulillah udah mulai meninggalkan minuman bersoda. Dulu mah favorit banget dg yg namanya soda :D

jadi mendingan minum air putih ya

Minuman bersoda memang cukup memikat untuk meminumnya ya Mas ? :)

Ya Mas untuk sehari" mending air putih saja lah. :)


EmoticonEmoticon