19/01/16

Varikokel Penyebab Kemandulan Pria

Varikokel Penyebab Kemandulan Pria
Apa sih varikokel itu ?
Varikokel atau varicocele adalah penyakit yang diderita pada laki-laki dan dipercaya merupakan faktor penyebab seseorang menjadi mandul. Varikokel mirip seperti penyakit varises pada kaki, namun pada varikokel, pembengkakan pembuluh vena terjadi di dalam kantong zakar atau skrotum. Umumnya tidak menimbulkan gejala. Meski begitu,  beberapa penderita ada juga yang merasakan ketidaknyamanan atau bahkan merasakan sakit pada bagian kantong zakarnya. Gejala sakit ini biasanya meningkat saat penderita berdiri atau melakukan aktivitas fisik terlalu lama, dan mereda saat berbaring.

Pembengkakan akan berkembang secara bertahap menjadi sebuah benjolan lunak. Ukuran benjolan varikokel bermacam-macam, ada yang bisa dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru diketahui setelah diraba karena pembesaran pembuluh vena juga bisa meningkat seiring waktu. Pembengkakan ini kebanyakan terjadi pada sisi kiri kantong zakar dan jarang terjadi pada sisi kanan, hal itu dikarenakan rute pembuluh vena di sisi kiri berbeda dengan yang di kanan.

Kenapa varikokel bisa  menyebabkan kemandulan ?
Hali ini dikarenakan Suhu yang terus-menerus terlalu tinggi di sekitar testis akibat varikokel berpotensi dapat memengaruhi pembentukan, kuantitas, pergerakan, serta kualitas sperma.

Baca Juga : Suplemen Kesuburan Pria Best Seller

Penyebab varikokel
Varikokel disebabkan oleh tali spermatika yang membawa darah dari testis Anda. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel.

Varikokel juga dipengaruhi oleh faktor usia seperti yang dilansir di halamannya klikdokter.com Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Biasanya pasien datang ke dokter dengan keluhan infertilitas (mandul). Dapat  terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.
Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :

  • Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)
  • Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas
  • Jika istrinya subur
  • Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Pria dewasa yang memiliki varikokel disertai analisis semen (kualitas dan kuantitas sperma) yang abnormal dan berniat untuk memiliki anak, maka disarankan untuk melakukan terapi pada varikokelnya, yaitu operasi.

Itu saja yang bisa saya bagi pada artikel  kali ini semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon