22/02/16

Benarkah, Berat Badan Tidak Normal Lebih Rentan Terkena Osteoporosis?

Kalkulator Bmi, Berat Badan Tidak Normal Lebih Rentan Terkena Osteoporosis

Benarkah Berat Badan Tidak Normal Lebih Rentan Terkena Osteoporosis ?
Pada artikel sebelumnya tentang Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis ? memang saya menyebutkan bahwasanya untuk meminimalsir terjadinya osteoporosis, kita juga harus mengontrol berat badan agar tetap ideal. Menjaga berat badan tetap ideal memang sangat efektif untuk menunjang kesehatan terhindar dari namnya Osteoporosis.

Memiliki tubuh yang ramping memang menjadi dambaan bagi kebanyakan wanita. Hal itu seringkali menjadikan wanita melakukan diet yang ekstra sehingga tidak mengkonsumsi makananan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti tidak memperhatikan kesehatannya. Perlu diketahui dalam beberpa penelitian yang dilakukan bahwa berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan tulang. Memiliki berat badan kurus maka akan berpengaruh pada kepadatan tulang yang rendah. Kemungkinan besar yang dialami adalah terjadinya peradangan pada seluruh tubuh sehingga sebaiknya wanita mengetahui berat badan idel bukan memaksakan tubuhnya menjadi kurus. Baiknya Anda juga mengetahui cara menghitung berat badan yang ideal agar kesehatan pun lebih terjaga.

Dalam kasus ini bukan berarti gemuk menyehatkan akan tetapi memiliki berat badan yang terlalu kurus dan diet yang salah akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan terutama berhubungan dengan kesehatan tulang. Dengan demikian anda harus menjaga keseimbangan nutrisi dan memiliki pola hidup sehat untuk terhindar dari penyakit osteoporosis. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwasannya berat badan yang terlalu gemuk juga akan mengganggu kesehatan tulang karena dapat menyebabkan tumpuan yang terlalu berat di bagian betis dan sekitarnya. Untuk intu anda perlu menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk membuat berat badan tetap propesional.

Dalam mengukur berat badan ideal anda dapat menggunakan Indeks Massa Tubuh, dalam mengukur Indeks Massa Tubuh ideal adalah 18,5 hingga 24,9. Anda dapat menghitungnya dengan cara membagi berat badan dengan tinggi badan yang selanjutnya hasilnya di kuadratkan. Apabila anda memiliki hasil indeks Massa Tubuh dibawah Indeks Massa Tubuh Ideal maka anda mengalami kisaran kurus yang tidak sehat.

Bila Anda tidak ingin ribet bisa juga dicoba dengan kalkulator online ini, Ketikan berapa tinggi badan kamu di kolom height (cm) dan berat badan kamu di kolom weight (kg)
Kalkulator Online BMI

Your Weight(kg):
Your Height(cm):

Your BMI:
This Means:
Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut. Berikut ini nilai yang ditetapkan:

Standar BMI Untuk Wanita

Nilai BMIKategori
BMI < 18Under Weight/Kurus –Sebaiknya mulai menambah berat badan dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga.
BMI 18 – 25Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal
BMI 25 – 27Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunan berat badan agar lebih ideal.

Standar BMI Untuk Pria

Nilai BMIKategori
BMI < 17Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal
BMI 23 – 27Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunkan berat badan agar lebih ideal.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai benar atau tidaknya Berat Badan Tidak Normal Lebih Rentan Terkena Osteoporosis, semoga bermanfaat.

9 komentar

wah, saya overwegiht..
makasih infonya yuaaah...

Saya malah Underweight 1 kg mas, terlalu banyak begadang, jadi ndak mau gemuk, Makasih infonya mas Awan.

Saya normal mas...mungkin ini karena sering olahraga malam kali ya...haha

berat badan saya kayaknya normal Kang Awan, mudah-mudahan nggak osteoporosis dong ya... analisanya komplit juga tuh Kang Awan... :)

seperti yang di alami ibu saya, tubuh gemuk tapi sering sakit pada tulang. mungkin ini juga osteoporosis ya gan. makanya lebih baik badan ideal, termasuk juga untuk lelaki, karena kalau kegemukan juga susah kerja. apa lagi kalau kerja lapangan, susah bergeraknya (gak lincah) gitu gan.

Alhamdulillah kalau gitu mas, untuk olahraga malam mungkin bisa di bicarakannya sama kang lembu :D

Alhamdulillah kalau begitu mah. ya amin semoga saja nikmat sehat selalu tercurah untuk kita semua.
Ya alhamdulillah semoga sesuai dengan apa yang diharapkan para pengunjung blog ini Kang. :)

Bisa jadi sih Mbah, Faktor berat badan juga bisa menjadi pemicu untuk terkena osteoporosis.
Ya sih kalau terlalu gemuk terkadang aktivitas juga kaya yang terbatas, gamapang cape juga sepertinya ya Mbah? :)


EmoticonEmoticon