21/02/16

Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis ?

Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis ?

Osteoporosis memang penyakit yang bisa di derita bagi siapa saja baik itu wanita maupun pria. Bertambahnya umur memang merupakan penyebeb yang lebih umum dikenal oleh kebanyakan orang. Namun Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis ?

Menurut everydayhealth.com menunjukkan bahwa dari 44 juta orang, 68% orang yang beresiko menderita osteoporosis adalah wanita. 1 dari 2 wanita berusia 50 tahun beresiko besar terkena osteoporosis, lebih sedikit dari pada pria yang hanya 1 dari 4. Dari semua kasus osteoporosis pinggang, 75%-nya adalah wanita. Kenapa demikian? 

Dilihat dari pertumbuhan tulang pun, pria lebih unggul daripada wanita. Pertumbuhan masa tulang wanita berhenti pada usia 18 sedangkan pria ada pada usia 20. Setelah melewati usia tersebut, masa tulang tulang akan tetap bertambah, tapi lebih banyak pada pria. Puncak berhentinya pertambahan masa tulang ada pada usia 30 tahun.

Osteoprosis lebih rentan pada wanita itu juga dikarenakan hormon esterogen pada tubuh wanita yang menyebabkan kemampuan perempuan untuk mengalami menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause. Pada saat siklus tersebut terjadi kalsium dalam tubuh perempuan akan hilang dalam jumlah banyak dan menyebabkan tulang mudah keropos lebih cepat. Selain membantu untuk mengatur siklus organ reproduksi pada wanita, ternyata estrogen juga membantu menjaga kesehatan tulang. Padahal, saat masa menopause pada wanita, jumlah hormon estrogen menurun drastis. Inilah mengapa kepadatan tulang akan cepat berkurang pada wanita yang telah melewati usia 50 tahun.

Wanita juga tidak sadar akan pemilihan sepatu yang memiliki hak tinggi untuk menunjang penampilannya, padahal penggunaan sepatu hak tinggi menurut beberapa sumber itu juga menjadi salah satu penyebab kenapa wanita lebih rentan terkena OSTEOPROSIS. Menggunakan sepatu berhak tinggi yang berlebihan dipercaya dapat menyebabkan cedera kaki dan menyebabkan terjadinya kerapuhan di bagian tulang kaki.

Bagaimana cara agar kesehatan tulang terjaga ?
Untuk menjaga kepadatan tulang kita juga bisa menjaganya dengan beberapa pola hidup yang sehat diiantaranya, Menjaga berat badan ideal, Rajin berolahraga, Mengontrol asupan makanan. serta menghindari gaya hidup yang kurang baik seperti konsumsi Garam, minuman soda, kafein, makanan manis, rokok dan alkohol yang berlebihan.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. semoga bermanfaat.

4 komentar

ow jadi bgtu toh ,,,
jadi yg lbh rentan itu permpuan ... :)

Ya Mas wanita memang lebih rentan terkena osteoporosis. :)

Walaupun begitu, tapi masih bisa di cegah dengan pola hidup sehat, berolahraga dan minum suplemen ya mas

Ya Mas, tetap optimis saja dan hindari juga gaya hidup yang kurang baik agar kesehatan tulang lebih terjaga.


EmoticonEmoticon