03/02/16

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Meskipun air itu memang cukup mudah di dapat namun tak sedikit juga yang melupakan betapa besar manfaatnya air putih ini. Bila kebutuhan air tidak tercukupi  itu bisa mengakibatkan penyampaian nutrisi dan oksigen ke otak menjadi terhambat dan dapat menyebabkan konsentrasi berkurang, serta akan merasakan mengantuk juga, pastinya hal ini akan mengganggu juga kan untuk aktivitas harian kita? Apakah kebutuhan air di dalam tubuh bisa tercukupi dengan minuman bersoda atau yang lainnya?

Perlu diketahui juga minuman jenis lain, misalnya soft drink itu hemat saya tergolong tinggi gula dan kalori. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu. Memang sih minuman yang seperti ini  itu sangat enak juga diminum apalagi di cuaca yang panas makjlebb pastinya segar, tapi kita perlu waspada juga karena tak sedikit pula efek negatifnya.


Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

Membantu Kebutuhan Elektrolit Tubuh
  • Salah satu hal yang sangat penting dari fungsi cairan tubuh adalah menjaga agar kondisi elektrolit dalam tubuh tetap stabil. Beberapa jenis elektrolit yang ditemukan dalam air mineral adalah seperti klorida, natrium dan kalium. Air mineral bisa menjadi sumber elektrolit sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih segar.
Menjaga Kesehatan Kulit
  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu tubuh dalam merawat kulit. jika kebutuhan air dalam tubuh kurang biasanya akan terlihat dari kondisi kulit menjadi kusam dan tampak keriput. jika kebutuhan air tercukupi itu juga dipercaya mampu memperkuat lapisan kolagen yang lebih lembut.
Menurunkan Berat Badan
  • Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori. Bagi yang ingin ingin menjalankan program diet jangan lupa juga untuk minum air putih karena dengan minum air putih itu juga bisa menjadikan badan tetap fit meskipun porsi makan berbeda dengan biasanya, Bisa merasa lebih sehat dan segar dengan minum air putih saja dan mengurangi konsumsi air yang mengandung gula atau bahan tambahan.
Baca Juga : Gula VS Kesehatan dan kecantikan

Menjaga Kesehatan Tulang
  • Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang sangat rentan terhadap wanita, terutama wanita yang telah mengalami menopause. Hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan asupan kalsium yang dipengaruhi oleh usia dan faktor hormon. Tulang wanita yang sudah menopause tidak mampu menyerap kalsium dengan baik sehingga tulang menjadi lebih mudah keropos.  Untuk menjaga kesehatan tulang maka biasakan untuk konsumsi air putih yang cukup sejak masih anak-anak. Konsumsi air juga sangat sehat bila dilakukan mulai dari anak-anak hingga usia senja.
Mengatur Tekanan Darah
  • Masalah tekanan darah menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia kesehatan. tekanan darah tinggi menyebabkan tubuh memiliki potensi beberapa penyakit lain seperti serangan jantung, diabetes, dan serangan stroke. Sementara tekanan darah rendah memiliki potensi anemia dan semua hal yang menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Kandungan magnesium dari air mineral dipercaya bisa membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah, baik untuk darah tinggi maupun darah rendah.
Mengatur Kolesterol
  • Kolesterol jahat atau LDL memang menjadi ancaman kesehatan yang serius. Kolesterol ini bisa menyebabkan tubuh mengalami resiko masalah kesehatan yang beragam dan berujung seperti serangan jantung, stroke, diabetes dan masalah lain. jika kebutuhan air dalam tubuh tercukupi itu bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu sumber air mineral jhuga berpotensi untuk membantu menjaga kesehatan jantung sehingga tubuh lebih sehat.
Mendukung Sistem Otot
  • Otot memiliki peran yang sangat besar untuk tubuh. Otot menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjadi tempat penyimpanan energi. Selain menjaga asupan yang penting untuk otot, maka otot tubuh harus bisa merubah kondisi dengan beberapa perubahan seperti gerakan dan rileks. Air membantu menjaga kondisi otot agar stabil. Selain itu cairan dari air yang kita konsumsi itu juga dipercaya bisa menjaga otot tubuh dari kelelahan.
Menjaga Kesehatan Pencernaan
  • Salah satu dukungan penting dalam pencernaan tubuh adalah fungsi pankreas yang membuat proses pengolahan makanan dalam tubuh berjalan dengan baik. Beberapa jenis enzim yang dihasilkan dari pankreas seperti protease, lipase dan amylase juga berperan untuk membantu proses pencernaan. konsumsi air yang cukup bisa menjadi sumber sulfat yang mendukung sistem pencernaan tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan air mineral bisa menyebabkan diare, perut kembung dan sembelit. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan sulfat.
Menjaga Kesehatan Ginjal
  • Salah satu jenis gangguan penyakit yang bisa terjadi pada ginjal adalah masalah batu ginjal. Kondisi ini disebabkan karena ginjal memiliki banyak kandungan kalsium oksalat. jika kebutuhan air tercukupi secara teratur maka bisa menurunkan kadar kalsium oksalat dalam ginjal. Secara umum air mineral bisa menurunkan resiko penyakit ginjal dan juga masalah tingginya kadar asam dalam otot tubuh.
Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh
  • Air juga dibutuhkan tubuh untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Racun yang berasal dari makanan dan minuman bisa menjadi penyakit yang berbahaya. dengan tercukupinya air dalam tubuh membuat tubuh menjadi mampu untuk melarutkan semua racun dalam tubuh lewat urin dan keringat. setelah bangun tidur juga sangat disarankan karena bisa membantu membuang racun dalam tubuh secara efektif.
Meningkatkan Daya Konsentrasi
  • Manfaat minum air putih ternyata juga dapat meningkatkan daya konsentrasi saat menjalankan aktivitas. Jika asupan air dalam tubuh kurang ternyata juga memberikan efek yang sangat besar untuk memori atau ingatan otak. Air efektif untuk membantu tubuh mendapatkan keseimbangan dari faktor eletrolit bagi tubuh dan sumber cairan yang digunakan untuk metabolisme. Air mineral yang cukup bisa membentuk konsentrasi dan daya pikir yang lebih baik karena air membantu pelepasan neurotoxin aluminum.
Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?
Meskipun kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Hemat saya secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Oh ya jangan lupa juga minumnya sambil duduk kalau bisa, selain itu adalah yang disunnahkan oleh Rasul itu juga memang baik untuk kesehatan.
Dr. Ibrahim Al-Rawi menerangkan, "Jika manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang. Organ keseimbangan dalam pusat syaraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri dengan stabil dan sempurna. Hal ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf terpenting pada saat makan dan minum. Sehingga untuk mendapatkan ketenangan itu adalah pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minuman dengan tepat dan terkontrol."

Itu saja yang bisa saya uraikan mengenai Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Menganalisa Kesehatan Dengan Melihat Warna Urin

6 komentar

air yang kita anggap biasa ternyata banyak menyimpan manfaat ya gan, mantap sekali

Ya Mas, mudah-mudahan bermanfaat :)

Air putih memang sudah terkenal mempunyai banyak manfaat ya mas Awan. Saya pernah terapi air putih juga, tapi kalau belum terbiasa bawaannya harus kencing terus :)

Ya Mba, air putih memang kaya akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan.
ya sih pastinya jadi rutin ke wc tapi kan daripada tidak kencing mba, itu malah jadi penyakit :)

Selain mudah didapat dan efisien air putih banyak sekali manfaatnya. Saya sendiri tiap hari minumnya air putih Mas Awan. Maaf mas, baru sempat kunjung.

Ya bagus kalau begitu Mas untuk minum air putih sangat menunjang kesehatan.
ya terimakasih sudah berkunjung kemari :)


EmoticonEmoticon