27/02/16

Mencuci Muka Bisa Memicu Kerusakan pada kulit

Mencuci Muka Bisa Memicu Kerusakan pada kulit

Mencuci muka memang sangatlah baik untuk menjaga kesehatan kulit selain bisa menghilangkan kotoran di kulit bisa juga menyeimbangkan kadar minyak di kulit, akibat minyak berlebih.
Mengapa kerusakan pada kulit  bisa disebabkan oleh mencuci muka?
Ada bebrapa hal yang perlu kita ketahui agar mencuci muka tidak memberikan efek negatif pada kulit. Berikut kesalahan yang sering terjadi mengenai mencuci muka menurut dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK;

Mencuci muka terlalu sering
Memang rajin mencuci muka itu sangat baik untuk menunjang kesehatan, namun jangan terlalu sering juga, karena mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya hal ini juga bisa memicu iritasi ringan pada kulit.

Menggunakan sabun  yang kuat dan bersifat basa
Hindari mencuci muka menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa),  karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Baiknya gunakan sabun yang mengandung pelembab agar kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal.

Menggunakan pembersih tanpa air secara berlebihan
Pembersih tanpa air ini biasanya dirancang untuk menghilangkan minyak pada kulit, sehingga jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak alami kulit akibatnya keseimbangan minyak di kulit pun tiada sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Pembersih jenis ini sebaiknya digunakan sesekali saat menggunakan kosmetik atau aktivitas yang menyebabkan penumpukan kotoran dan keringat serta minyak di wajah yang berlebih. Penggunanaanya juga sebaiknya dikombinasi dengan mencuci muka dengan air dan sabun yang mengandung pelembab.

Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol
Bahan pembersih seperti ini akan mudah sekali menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol merupakan bahan yang dapat menghilangkan minyak termasuk lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit, akibatnya kulit dapat menjadi kering, merah, dan gatal.

Mencuci muka menggunakan air terlalu panas
Air yang terlalu panas dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi merah. Selain itu juga dapat merusak lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga dengan mengetahui  beberapa kesalahan mencuci muka ini bisa menjadikan kesahatan kulit anda terjaga.

2 komentar

Wah...ternyata terlalu sering mencuci wajah tidak baik ya...saya hampir tiap hari kalau sehabis kerja mencuci wajah menggunakan biore mas..hikz

kalau begitu ceritanya mah bagus, yang tidak baik itu terlalu sering Mas. :)


EmoticonEmoticon