12/03/16

Kenapa Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran ?

Kenapa Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran ?

Buah Nanas memang kerap sekali dianggap oleh beberapa orang bisa menyebabkan keguuran, apalagi pada trimester pertama kehamilan banyak sekali orang yang beranggapan bahwasanya memakan buah nanas itu bisa menyebabkan keguguran. Apakah benar Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran ? Mari kita ungkap fakta sebenarnya dari buah nanas yang kaya akan vitamin c ini.

Pada tahun 2008 lalu pernah dimuat tulisan dari sebuah surat kabar mengenai buah nanas yang tidak apa-apa bila dikonsumsi wanita yang sedang hamil atau bumil, disana tertulis bahwasannya larangaan mengkonsumsi nanas pada ibu yang hamil dikatakan hanyala mitos. karena ternyata konsumsi nanas bagi bumil sangat dianjurkan pasalnya buah nanas mengandung vitamin C yang tinggi. terutama di Jerman, yang juga menganjurkan buah ini agar tetap dikonsumsi bagi para bumil.

Baca Juga : Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

Benarkah Buah Nanas Aman Dikonsumsi Ibu Hamil ?
Memang tidak dipungkiri buah nanas itu kaya akan vitamin C dan nutrisi yang lainnya seperti vitamin A, D, kalium, fosfor, & elektrolit yang lain., belum ada penelitian juga yang membuktikan efeknya terhadap kehamilan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saya lebih menyarankan baiknya konsultasikan juga kepada dokter Anda bila memang sangat ingin mengkonsumsi buah ini, Karena buah nanas memang bisa juga memicu terjadinya keguguran kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Buah Nanas mengandung ekstrak bromelaine hal inilah yang memang dipercaya dapat  menyebabkan keguguran. Pasalanya bila bromoelaine dalam jumlah yang cukup tinggi dapat meningkatkan kontraksi dinding rahim dan menyebabkan keguguran, terutama pada trimester pertama/ 3 bulan pertama kehamilan.
Eekstrak bromelaine memang cukup efektif juga untuk menunjang kesehatan, seperti:  penyakit jantung (angina), penyakit saluran napas (pneumonia, bronkitis), infeksi bakteri, selulitis, peradangan, sinusitis, nyeri haid, untuk meregulasi siklus haid, trauma, dll. Namun untuk dikonsumsi oleh ibu hamil hemat saya lebih baik konsultasikan saja dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat Anda, karena ia juga pastinya lebih tau akan kondisi kehamilan Anda dan mungkin bisa menyarankan apakah boleh atau tidak dengan kondisi kehamilan seperti Anda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Kenapa Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran ? semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Penyebab Kemandulan Pada Pria Dan Wanita
Jangan Makan Semangka Dengan Gula
Konsumsi Vitamin C Efektif Untuk Menunjang Kesehatan

12 komentar

oh jadi begitu prosesnya, wah bahaya juga yah, bw sob

betul sekali mas, buah nanas bisa menyebabkan keguguran, khususnya buah nanas yang masih muda atau kurang mateng

betul memang buah nanas terutama nanas muda, boleh di makan oleh ibu hamil...mitos atau bukan...silahkan dicobain ajah kalau berani mah...terutama bagi ibu-ibu yang sudah 27 tahun nggak hamil...#abaikan

Sering sekali denger mitos mitos tentang jangan makan buah nanas,, dan tidak tahu bener dan enggaknnya,,, mungkin kalau makannya sama kulitnya tanpa dikupas itulah yang tidak boleh :D

Ya Mba buah nanas yang masih muda memang paling dipercaya bisa mmicu keguguran dibanding buah nanas yang matang.

Saya sih yes, entah mas anang :D
ya mungkin perlu konsultasikan juga dengan dokter agar lebih tau, apakah boleh atau tidaknya.

wahh bahaya atuh kang kalau dimakan dengan kulitnya Ma :)
tapi kalau konsumsi sedikit mah tidak mengapa menurut beberapa sumber yang pernah saya baca mah Kang, namun yaaaa saya mah lebih menyarankan untuk konsultasi dulu ke dokter, biar lebih aman. :)

Sering dengar tentang bahaya buah nanas bagi ibu hamil dari tetangga, dan disini sudah di jelaskan secara detail dan ternyata memang betul ya kalo buah nanas itu bisa menyebabkan keguguran..

Ibu bidan mah sudah paham betul ya tentang bahaya buah nanas bagi ibu hamil, khususnya nanas muda

Bu bidan memang semakin di depan Mas Dzatmiko :)

Ya Mas, kalau di konsumsi dalam jumlah yang banyak, memang dapat menyebabkan keguguran apalagi pada trimester pertama kehamilan.

Jadi kesimpulannya tidak mempengaruhi ya mas, selagi di konsumsi dalam jumlah kecil


EmoticonEmoticon