01/03/16

Kenapa Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ?

Kenapa Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ?

Benarkah Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ? 
Memang sudah menjadi rahasia umum jikalau wanita kedatangan tamu bulanan atau menstruasi itu gampang ngambek, nafsuan, negatif thinking, pokoknya sangat sensitif dan seolah-olah penuh dengan nafsu yang menggila. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian.
Disadari atau tidak memang begitulah nyatanya. Ada 3 Hal yang pastinya akan dilakukan wanita yang sedang pms kalau sedang marah dan perlu Anda ketahui para laki-laki.
1. Ngoceh dengan 150km/jam
2. Ngomong singkat, oh, ya, gpp, serah
3. Diem (nah ini yang paling horor)

Kenapa Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ?
Perubahan mood memang hal yang paling terlihat dan itu juga menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). Premenstrual Syndrome adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini bisa terjadi  sejak 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis.
Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi.

Peran estrogen memang sangatlah berpengaruh terhadap mood seorang wanita, Berikut peran estrogen secara umum:

  • Memengaruhi produksi dan efek endorfin, yaitu unsur di otak yang mendatangkan rasa nyaman dan kesenangan.
  • Meningkatkan kadar serotonin yang berperan dalam regulasi nafsu makan, mood, dan pola tidur.
  • Melindungi saraf dari kerusakan serta menstimulasi pertumbuhan saraf.
  • Selain memengaruhi mood, fluktuasi hormon juga dapat memengaruhi berat badan, nafsu makan, dan hasrat untuk berhubungan seksual. 
  • Berada dalam kondisi stres, cemas, depresi, atau sedang diet adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi fluktuasi hormon estrogen.
Berikut tips yang bisa anda coba untuk menjaga mood tetap stabil saat haid atau menstruasi :
Biasakan untuk menghitung siklus haid. karena menurut beberapa sumber konsumsi susu rendah lemak atau jus jeruk menjelang masa menstruasi efektif untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang dapat mencegah PMS.
Hilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman keras.
Penuhi kebutuhan air dalam tubuh. Konsumsi air yang cukup memang sangat baik untuk menunjang kesehatan.
Hindari hal-hal yang tidak menyenangkan bagi anda.

Baiknya kita juga  sebagai laki-laki  memaklumi akan perubahan sikap yang ada pada wanita disaat datang bulan, sebisa mungkin batasi diri dari perdebatan yang tidak perlu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Menghitung Siklus Haid Agar Memiliki Keturunan
Mengenal Lebih Jauh Tentang Menstruasi

14 komentar

kayaknya hormon estrogen itu kadarnya berbagai volum dan efek tempramental wanita di tentukan juga dengan besar kecilnya hormon estrogen yang diproduksinya sebelum masa kehamilan ya mas. pantes aja kalau udah mau atau sedang datang bulan, banyak wanita sensitif. sampai kita aja bercanda aja dia malah marah atau uring-uringan mas.

Hadeuh emang sudah seharusnya kita sebagai laki-laki harus lebih mengerti, jangan sampai kepanncing juga untuk memperkeruh suasana ya Mbah :)

Oh jadi begitu yah, perasaan wanita jadi sensitif kalau lagi datang bulan, di catat biar jadi tanda buat saya.

Sebenarnya sih kalau sudah mendekati mau datang bulan juga akan sensitif Kang :)

Nah makanya sebagai laki-laki harus faham, ketika istri mau datang bulan jangan bikin penyakit kalau ndak mau runyam dan kena semprot istri yang bawaannya tidak mood terus.

mgnkin karena rasa skitnya jga yah mas, yg bkin wanita jd agresif :D

Heuheu, ya mas baiknya jangan cari prdebatan yang tidak penting, biartidak kena semprot :D

Bisa jadi Mas, tak jarang juga haid menjadi derita bagi sebagian wanita. :)

Saya baru ngerti kalau cewek suka jutek ketika sedang M dari temen,ternyata begitu to

Ya Mas, cewek memang suka gitu kalau lagi datang bulan. Horor kan ? :D

PMS adalah kata yang paling horor bagi yang suidah berumah tangga mang.tau gelas?itu bisa disulap loh jadi melayang :D

Berarti kalau istri sedang mens, suami harus sabar ya mas bila prilaku istri seperti itu...Buat bekal nanti kalau sudah punya istri...hehe

Haduh itu mah bukan horor lagi kang, tapi "kismis" alias kisah misteri :D

Ya Mas Sonny baiknya harus bersabar, jangan sampai ada kejadian seperti Kang Hendry itu :D


EmoticonEmoticon