03/03/16

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi

Saat menstruasi biasanya seorang wanita akan dihadapkan dengan perasaan yang tidak biasa, mungkin itu dikarenakan nyeri pada perut, tak jarang seorang wanita yang akan atau sedang menstruasi menjadi bad mood atau mager alias malas gerak :) Hal ini memang sudah lumrah dialami wanita saat datang bulan, disadari atau tidak asupan makanan pun mempengaruhi akan perubahaan mood tersebut.

Mengontrol asupan makanan saat menstruasi atau haid memang cukup efektif untuk menjadikan Anda merasa nyaman meskipun sedang kedatangan tamu bulanan. Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi ?
Berikut makanan yang baik untuk dimasukan pada menu harian Anda saat Haid atau Menstruasi:

Makanan Yang Mengandung Zat Besi
Saat Menstruasi Zat Besi memang Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi.
Zat besi merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat sel darah merah (hemoglobin). Hemoglobin memiliki fungsi untuk membawa oksigen ke jaringan-jaringan di seluruh tubuh. Kurangnya zat besi di dalam tubuh tentunya akan mengganggu pembentukan hemoglobin dan juga gangguan terhadap fungsi tubuh secara keseluruhan. Saat terjadi menstruasi, zat besi akan banyak terbuang akibat adanya darah yang keluar atau hilang pada saat menstruasi.
Dengan adanya darah yang keluar maka zat besi yang terkandung di dalam darah juga ikut terbuang. Apabila mensturasi terus berlangsung lama maka tentunya akan semakin banyak pula zat besi yang terbuang.
Untuk memenuhi kebutuhan zat besi dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, kedelai, telur, daging merah, makanan laut, sayuran (bayam, brokoli, paprika), dan buah-buahan, seperti jeruk, dan mangga yang dapat membantu penyerapan zat besi karena menggandung vitamin C tinggi.

Makanan Kaya Magnesium
Sumber bahan makanan yang sangat baik dan mengandung banyak magnesium, yaitu kacang, tahu, dan juga kacang tanah. Makanan tersebut disinyalir bisa kurangi kembung pada saat menstruasi.

Buah-buahan
Buah-buahan memang sangat efektif untuk menunjang kesehatan tak terkecuali disaat menstruasi, Jika Anda ingin makan sesuatu yang manis, hal tersebut disebabkan oleh adanya pergerseran kadar hormon estrogen dan progesteron yang juga dapat menyebabkan penurunan kadar serotonin di dalam otak. konsumsi buah hemat saya lebih baik karena mengandung gula alami yang akan membantu tubuh untuk menunjang kebutuhan tubuh selama menstruasi. Buah semangka itu bisa menjadi pilihan karena semangka merupakan buah yang memiliki kadar gula cukup tinggi. Selain menyegarkan, buah semangka juga diprcaya bermanfaat untuk mengurangi kram pada perut serta dapat memperlancar aliran darah. Tak hanya semangka, Anda juga dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.

Sebenarnya sih dengan makan juga kebutuhan gula yang dibutuhkan tubuh bisa sedikit terpenuhi untukk  menghindari  PMS namun, fluktuasi hormon sewaktu PMS memiliki efek domino pada selera makan. Kemungkinan Anda akan cenderung lebih sensitif bersamaan dengan kadar gula yang menurun.
Konsumsi roti atau sereal gandum juga bisa menjadi alternatif karena akan memberikan asupan vitamin B bagi Anda. Dari studi ditemukan bahwa asupan thiamin (vitamin B1) dan riboflavin (vitamin B2) yang tinggi mengurangi resiko terjadinya PMS.

Nb: Konsumsi gula berlebih juga tidak baik saran saya jangan lupa untuk memperhatikan juga apa yang Anda minum, Mereka yang mengonsumsi alkohol maupun kafein mengalami gejala PMS yang lebih berat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Kafein juga bisa menyebabkan asam lambung meningkat yang akan berakibat pada usus dan lambung anda.
Baiknya perbanyak minum air putih karena itu akan membantu tubuh dalam menyimpan air, dan ini juga bisa untuk mengurangi kembung.
Untuk Mengenal Lebih Jauh Tentang Menstruasi silahkan kunjungi artikel say sebelumnya.

Itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini mengenai Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi semoga bermanfaat.

12 komentar

Penting juga ya pertimbangkan konsumsi zat besi, buat menggantikan zat besi yang banyak terbuang..


Buah-buahan juga termasuk salah satu makan yang memang sangat efektif untuk menunjang kesehatan ya mas...

Ya Mas baiknya ditambahkan juga konsumsi makanan yang mengandung zat besi bagi wanita yang sedang menstruasi.

Ya Mas, buah-buahan juga cukup efektif untuk menunjang kebutuhan gula yang diperlukan tubuh saat wanita sedang menstruasi.

Kalo gitu bener ya Kang Awan, kalo cewek lagi menstruasi ngeluarin darah dan itu akan bikin zat besi menghilang, untuk menambalnya maka diperlukan makanan-makanan yang mengandung zat besi... semoga cewek yang sedang menstruasi seneng makan brokoli dan makanan yang mengandung zat besi lainnya... :) vitamin C juga penting banget tuh ya buat dikonsumsi cewek yang sedang menstruasi... siiippp Kang Awan.. :)

yg rutin menstruasi perlu dicatat neh,
klo saya nggak pernah menstruasi mas :)

Ya Kang Diar, baiknya ditambah juga porsi asupan makanan zat besinya agar bisa menunjang kesehatan badan saat menstruasi.

tidak usah dicatat kalau mas wong, di ingat aja yaa :)

Ini info yg sangat bermanfaat bagi kaum hawa...tapi terkadang mereka tidak tau akan hal ini, semoga ini bisa mencerahkan kaum hawa ketika datang bulan maka sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti yg di tulis di atas

Menjaga makanan saat menstruasi juga bisa mengurangi sakitnya ya, Mas.

Ya Mas mudah-mudahan infonya bermanfaat :)

Ya Mba, Menururt hemat saya dengan mengatur asupan makanan juga pastinya akan memperlancar peredaran darah disaat haid. Dengan demikian dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.


EmoticonEmoticon