08/03/16

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tags


Bengkoang atau bengkuang merupakan buah yang berasal dari umbi akar, ya hampir sama halnya dengan ubi ataupun kentang. Namun bengkoang jarang sekali dijadikan sebuah hidangan dalam sebuah masakan, bengkoang lebih familiar untuk merawat kesehatan kulit makanya tak jarang bengkoang dijadikan bahan utama untuk sebuah produk perawatan kulit.
Menurut beberapa penelitian bengkoang mengandung  bahan-bahan penting yang sangat efektif untuk merawat kesehatan kulit, seperti vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas. Kadar air yang tinggi di dalam Bengkoang memiliki unsur anti inflamasi, yang berfungsi mendinginkan kulit dari rasa kering yang menyerang kulit akibat sinar matahari. Bengkoang juga mengandung Zat fenolik yang cukup efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga perubahan warna kulit akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah atau dikurangi.

Selain untuk kesehatan kulit atau kecantikan kulit bengkoang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi wasir, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi demam, mengurangi produksi asam lambung. Bengkoang juga sangat cocok bagi penderita diabetes karena dipercaya bisa mempertahankan kadar gula di dalam tubuh.

Kandungan nutrisi Bengkuang (Pachyrhizus erosus), segar, mentah.
Nilai gizi per 100 g – %RDA,(Sumber: USDA )
Energi 38 Kcal 2%
Karbohidrat 8.82 g 7%
Protein 0,72 g 1%
Total Lemak 0.19 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 4,9 g 13%
Vitamin
Folat 12 mg 3%
Niacin 0.200 mg 1,5%
Asam pantotenat 0,135 mg 3%
Pyridoxine 0,042 mg 3%
Riboflavin 0,029 mg 2%
Thiamin 0.020 mg 2%
Vitamin A 21 IU 1%
Vitamin C 20.2 mg 34%
Vitamin E 0,46 mg 3%
Vitamin K 0,3 mg <1%
Elektrolit
Sodium 4 mg <1%
Kalium 150 mg 3%
Mineral
Kalsium 12 mg 1%
Tembaga 0,048 mg 5%
Besi 0.60 mg 7%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0.60 mg 3%
Seng 0,16 mg 1%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 13 ug –
Karoten-α 0 mg –
Lutein-zeaxanthin 0 mg -
Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, semoga bermanfaat.

14 komentar

Saya juga kalau makan suka tidak familiar sama bengkoang, soalnya nggak suka makan bengkoang, misalkan kalo beli rujak suka pesan nggak pake bengkoang... Tapi bengkoang, setuju Kang Awan, bermanfaat sekali untuk kecantikan dan kecantikan sehingga banyak dijadikan bahan untuk perawatan kulit yang sehat... Siiipppppp :)

waw banyak juga khasiatnya ya mas, bengkuang paling enak untuk ruja, dibuat rujak masihkah ada khasiatnya? BW mas.

klo saya si dripda buat kcantikan, mnding buat mngobati rasa lapar :D

Ya Kang bengkoang memang lebih sering digunakan untuk perawatan kulit ketimbang untuk dikonsumsi padahal bagus juga tuh untuk menunjang kesehatan :)

Ya masih la mas namun kalau dirujak pastinya bercampur dengan buah yang lain dan pastinya efeknya akan bervariasi :)
Kang ajay mau ngasih rujak sama saya ? sok atuh boleh kang :D

Ya silahkan mau dimakan atau mau dibuat maskeran juga Mas, saya mah cuma berbagi apa yang saya tahu :)

bengkoang yang berair, sejuk dan nikmat banget kalau di makan sebagai rujak ternyata memiliki kandungan gizi dan unsur yang baik bagi kesehatan ya mang.

Ya Kang Lembu bengkoang memang sangat kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, apalagi untuk merawat kesehatan kulit.

Kalau ane sih sukanya makan bengkoangnya mas :D
apalagi disantap pas siang bolong saat cuaca sedang terik. Wahh seger banget..
btw dai dulu ane masih bingung bengkoang itu termasuk jenis ubi / buah ya ? :-/

Beuh pastinya Mas apalgi kalau dibanjur sambal petis, makjleb deh :D
kalau ,
Menurut saya sih bengkoang termasuk umbi, entah kalau mas anang :)

Wow...ternyata Bengkoang banyak sekali mengandung nutrisi..

memang sich, bengkoang lebih familiar di dunia kesehatan dan kecantikan...tapi tunggu dulu, selain familiar di dunia kesehatan dan kecantikan..Bengkoang juga familiar di dunia PERPETISAN...hehe

hadeuhh,, Mas Sonny sepertinya hobi juga pepetisan yaa?
ayo atuh kapan kita metis bareng :)


EmoticonEmoticon