22/03/16

Menganalisa Kesehatan Dengan Melihat Warna Urin

Tags

Menganalisa Kesehatan Dengan Melihat Warna Urin

Urin memang kerap sekali dijadikan media untuk menganalisa kesehatan seseorang selain dengan menggunakan sample darah.  Prosedur ini memang akan lebih akurat bila dilakukan oleh tenaga medis dengan di uji di laboraturium, namun sebenarnya warna dari air seni  kita juga bisa menganalisanya meskipun tidak terlalu akurat hemat saya, namun tak apa lah untuk berjaga-jaga, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan.

Berikut tanda-tanda warna yang berbeda dari air seni menurut dr. Kartika Mayasari yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda:


1. Warna urin jernih/ transparan
Warna urin jernih/ transparan mungkin merupakan tanda jika Anda telah minum terlalu banyak air.
Memang Sih kelebihan minum air jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun jika Anda terlalu memaksa untuk minum air secara berlebihan, bahaya bisa saja terjadi. Perlu kita inggat kembali segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, termasuk kelebihan minum air. Hal ini beresiko menipiskan kadar garam dalam tubuh.

2. Warna urin kuning atau coklat madu
Disaat warna urin kita kuning atau coklat madu itu bisa jadi menunjukkan tubuh Anda sudah cukup cairan, tapi bila warna urin lebih gelap, itu bisa menjadi tanda jika tubuh Anda sedang memerlukan cairan. Baca Juga : Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

3. Urin berwarna cokelat atau kecoklatan
Disaat urin berwarna cokelat atau kecoklatan mungkin ini menjadi pertanda bahwa tubuh Anda hanya mengalami dehidrasi.  Namun perlu diketahui urin berwarna cokelat atau kecoklatan juga seringkali keluar dari orang dengan penyakit liver yang parah.
Memang tidak dipungkiri urin berwarna coklat juga bisa menjadi indikasi dari masalah di hati, terutama jika terus berlanjut meskipun merasa sudah cukup minum.
Jika warna kecokelatan urin Anda sudah terlihat mengkhawatirkan, baiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkannya diagnosa yang jelas.

4. Urin berwarna merah muda atau kemerahan
Warna urin yang berwarna merah muda atau kemerahan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang besar. Dalam urologi, peringatan yang paling menonjol adalah warna merah, yang bisa berasal dari makanan yang Anda makan, dan zat-zat lain dalam makanan. Dan jika warna merah itu dari darah, seringkali merupakan masalah.
Jika Anda melihat merah muda atau merah pada air seni Anda, walaupun hanya sekali pantas untuk diperiksakan kedokter. Ada banyak kondisi kesehatan dalam daftar, baik yang ringan maupun membahayakan bisa menyebabkan darah dalam urin, ginjal, ISK, batu di ginjal, atau infeksi kandung kemih, bahkan kanker ginjal, kandung kemih, dan prostat.
Setelah dokter Anda menganalisis sampel urin, maka dengan cepat ia akan bisa menentukan, apakah warna merah muda atau merah dalam urin Anda, sebenarnya disebabkan oleh darah, atau sesuatu yang lain – dan bisa dilanjutkan dengan tindakan yang tepat.

5. Urin berwarna Biru atau hijau
Mungkin  urin berwarna Biru atau hijau memang sangatlah jarang ditemui, namun kondisi urin ini menunjukan beberapa penyakit yang jarang diketahui, termasuk porfiria(kondisi enzim keturunan), hal ini memang bisa mengakibatkan seseorang mengeluarkan urin berwarna biru atau hijau. Perubahan warna urin ini tidak akan menjadi tanda pertama dari penyakit pada beberapa orang.

Terkadang orang bisa buang air kecil dengan warna aneh setelah makan makanan tertentu juga. Hal ini tergantung seberapa baik(zat pewarna) diserap oleh usus, dan betapa mudahnya masuk ke ginjal ada banyak zat-zat pewarna makanan yang tidak diserap, dan keluar melalui saluran pencernaan(ini adalah tanda mengapa feses seringkali juga terlihat dalam berbagai warna).  Dan ketika diekskresikan dalam urin, itu pasti bisa menyebabkan perubahan warna, dan mungkin ada beberapa faktor genetik yang mempengaruhi. Tapi bagi kebanyakan orang, pewarna makanan mempengaruhi mereka. Obat-obat tertentu juga bisa membuat warna-warna yang tidak biasa pada urin.
Jadi Urin berwarna Biru atau hijau yang Anda alami mungkin disebabkan karena kurangnya cairan yang anda konsumsi di hari sebelumnya.

Itu saja yang bisa saya bagikan tntang Menganalisa Kesehatan Dengan Melihat Warna Urin, semoga bermanfaat

8 komentar

Bila kita mengetahui warna urin diri kita sendiri minimal kita bisa mengenal kesehatan diri kita untuk segera melakukan pencegahan dan pengobatan sedini mungkin ya Kang ? terimakasih infornya.

Nah saya kan udah minum banyak air, Pas pagi'a minum obat diare (dialet).
Pas kencing air kencing'a jadi warna kuning. itu masih dibilang kurang minum air ga??

Ya Kang, meskipun tidak terlalu akurat namun hal tersebut terkadang memang benar adanya.

Pengaruh obat atau asupan makanan terkadang bisa juga mempengaruhi warna air seni Kang. kalau kasusnya seperti itu saya kira tidak kekurangan air minum.

Ada ya urin warnanya biru, baru tau saya mas...hehe

Kalau air seni warnanya merah saya pernah mengalaminya...tapi duluuuu bangeeeet :) dan ternyata saya terkena batu ginjal...tapi alhamdulilah sembuh tanpa harus operasi karena batunya masih sebesar beras...kalau sudah sebesar jempol kaki pasti saya gosok buat di jadikan batu akik :D

Ya mas, namun itu langka sekali terjadi.

alhamdulillah kalau begitu Mas, siii jangan sampailah ngalamin batu ginjal seperti itu, sebesar beras saja udah masalah apalagi sebesar jempol kaki mas :)


EmoticonEmoticon