29/03/16

Mengenal Jenis-Jenis Alergi Pada Kulit

Mengenal Jenis-Jenis Alergi Pada Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang sangat rentan terkena berbagai problem diantaranya alergi. ALERGI PADA KULIT merupakan reaksi imun tubuh yang berlebihan terhadap suatu benda asing atau alergen yang masuk ke dalam tubuh, baik itu melalui kontak kulit, menghirup, menelan, dll. Meskipun alergi pada kulit bukanlah termasuk kategori penyakit yang mematikan, namun bila tidak segera diatasi tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menjadikan Anda tidak Percaya Diri untuk mengekspresikan diri.

Alergi pada kulit umumnya lebih dikenal masyarakat karena seafood, memang wajar bila hal ini lebih dikenal masyarakat ketimbang penyebab yang lain, pasalnya admin sendiri paling sering melihat orang yang baru sadar alergi seafood, sedikit cerita nih, gejala awal yang disebabkan alergi seafood ini cukup horor juga, selain menjadikan rasa berat dipundak, pusing, juga menjadikan kulit si penderita menjadi tidak beraturan, wajahpun bisa jadi menjadi lebih gemuk "percis seperti orang yang digebukin satu RT", pkoknya horor banget. :)
Namun bila diteliti lebih jauh penyebab Alergi Pada Kulit sangatlah beragam  diantaranya faktor cuaca, pemakaian deterjen, ruangan yang tidak bersih dan lain".

Ada 5 jenis kelainan pada kulit yang dikaitkan dengan reaksi alergi menurut dr. Citra Roseno yang ditulis dihalamannya klik dokter, berikut penjelasannya :

1. Dermatitis atopik
Dermatitis atopik sering dikenal dengan eksim. Masalah ini dialami oleh sekitar 10-20% anak dan 1-3% orang dewasa, dan bersifat diturunkan dalam keluarga. Kulit yang mengalami dermatitis atopik akan tampak kering, pecah-pecah, kemerahan, mudah iritasi, dan gatal jika terpapar alergen. Apabila digaruk, maka kulit akan semakin gatal dan dapat timbul benjolan-benjolan kecil berisi cairan yang mudah terinfeksi.

2. Urtikaria
Urtikaria juga disebut biduran. Gejalanya berupa ruam kemerahan yang meninggi, berwarna putih ketika ditekan, dapat muncul pada berbagai bagian tubuh, dapat berubah bentuk, berpindah, atau hilang dalam waktu singkat. Urtikaria yang muncul dalam waktu  kurang dari 6 minggu disebut urtikaria akut, sedangkan urtikaria  lebih dari 6 minggu disebut dengan urtikaria kronik.
Pencetus urtikaria yang paling umum adalah gigitan serangga, tungau, makanan (seafood, telur, kacang), infeksi virus atau bakteri, serbuk sari bunga, penggunaan antibiotik, hingga paparan panas, dingin, atau sinar matahari. Baca Juga : Makanan Yang Menyebabkan Munculnya Jerawat

4. Dermatitis kontak
Dermatitis kontak merupakan reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan alergen. Gejalanya dapat berupa ruam, gatal, rasa perih dan terkadang muncul lepuh (hanya pada area kulit yang terpapar). Contoh alergen yang sering menjadi penyebab adalah detergen, sabun, pelembut pakaian, dan sampo. Jenis dermatitis kontak lain adalah photoallergic contact dermatitis.

5. Alergi lateks
Alergi lateks umumnya terjadi setelah melalui beberapa kali paparan terhadap produk lateks, seperti balon atau sarung tangan karet. Gejalanya dapat berupa biduran dan gatal pada kulit, hidung yang gatal dan berair, hingga asma.

Dengan Mengenal Jenis-Jenis Alergi Pada Kulit yang saya bagikan pada artikel kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda meskipun sebenarnya ada empat yang dituliskan oleh dr. Citra Roseno ini, bila anda mempunyai pengetahuan akan Jenis-Jenis Alergi Pada Kulit silahkan bagikan saja dikolom komentar. Terimakasih

Baca Juga :
Adakah Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah ?
Cara Mudah Menghilangkan Selulit Tanpa Obat

17 komentar

Alhamdulilah saya tidak ada alergi kulit yang di akibatkan oleh makanan mas...hanya saja sering alergi jika tubuh berkeringat, kata orang sich "biang keringat" kulit terasa gatal dan ruam merah..tapi tidak berlangsung lama dan sembuh sendiri

Yang nomor tiga tidak ada masih?

baru tau saya tentang kelima kelainan kulit ini mas.
bahasanya kedokteran banget lo ya,jadi rada susah saya mencernanya

tp rata2 dampak yg ditimbulkan dari ke-5 kelainan diatas,kulit menjadi gatal ya mas

kalau saya yg aneh itu sama udang mas.
kalau makan udang langsung gatel2 tp paling suka dengan krupuk udang.
aneh kan

Ya Alhamdulillah kalau gitu Mas, rata" biang keringat memang bisa menghilang dengan waktu yang cepat , asalkan jangan suka digaruk ya Mas. :)

Yang nomer 3 ghaib Mas :)
kan sudah saya jelaskan, sebenarnya ada empat Mas, cuma biar lebih keren saya jadikan lima :D

Ya semoga bermanfaat, Saya kira bhasa begini lebih greget Mas, tapi malah susah dimengerti ya. :)

Ya mas, dari beragam jenis alergi tersebut, efek yang paling terasa adalah rasa gatal

Seperti pepatah Ada udang dibalik kerupuk kalau gitu mah :D
yang aneh bukan udang tapi yang suka kerupuknya saya kira mas :)

alergi teh penyakit yang dianggap ringan kalau alerginya stadium ringan itu ge'...tapi emang bagus juga kalau kita mengenali jenis-jenis alergi supaya kita bisa menghindari alerginya itu

Kayaknya nambah wawasan aja nih Kang Awan, soalnya saya kurang begitu tau mengenai jenis2 alergi kulit ini sehingga nggak ada ilmu lain yang bisa saya sampaikan hehehehehehe :) jadi makasih informasinya Kang Awan... Siiippp... :) eksim termasuk penyakit keturunan kalo gitu ya Kang Awan? :)

sepertinya masih ada beberapa lagi mas
saya termasuk pengidap alergi, utk tingkatannya kurang tahu pasti

Nah itu Kang, setidaknya kita bisa antisipasi agar terhindar dari alergi yang mungkin bisa menyerang kulit :)

Terimakasih doang, ? sekarang bayar Kang :D
Ya Kang eksim memang paling sering di derita karena faktor keturunan.

Mungkin bisa ditambahkan oleh Mba siti kalau masih ada mah :)
alergi apa coba Mba ?

Kalau saya dulu alergi sama daging hewan yg berkaki 4, setiap makan daging tersebut badan bisa melepuh (orang jawa bilang Giduen)


EmoticonEmoticon