17/03/16

Mengenal Jenis Kulit Dan Perawatan Kulit Semestinya

Mengenal Jenis Kulit Dan Perawatan Kulit Semestinya
Mengenal Jenis Kulit Dan Perawatan Kulit Semestinya
Mengenal jenis kulit sendiri memang sangat diperlukan agar langkah-langkah perawatan kulit lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek negatif terhadap kulit. Misalnya seseorang yang memiliki kulit kering, apakah penggunaan sabun muka saja sudah cukup untuk jenis kulit ini ? Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan diiringi oleh kondisi mudah iritasi. Kadang kala kulit mengelupas, dan seringkali terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air, tipe kulit kering seringkali kehilangan sebum, hemat saya tidaklah cukup hanya menggunakan sabun muka untuk jenis kulit ini.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, mari kita ketahui termasuk jenis kulit yang mana kita sebenarnya dan apa perawatan kulit semestinya.
Berikut jenis-jenis kulit yang perlu Anda ketahui :

1. Jenis Kulit Normal
Untuk ciri-ciri jenis kulit normal biasanya ditandai dengan jenis kulit yang Lembap. Tidak terasa seperti ditarik dan tidak terasa berminyak, Halus dan mulus, Jarang sekali ada jerawat dan Elastis.
Sangat beruntung bagi orang-orang yang 'memilki jenis kulit ini, pasalnya dalam melakukan perawatan kulit mereka tidak terlalu banyak pantangan dalam memilih produk perawatan kulit.

2. Jenis Kulit Kering
Seperti yang sudah katakan diatas ciri-ciri jenis kulit kering diantaranya kondisi kulit yang kering dan mudah iritasi, Pori-pori umumnya tidak terlihat, Kurang elastis, Kusam dan tidak bercahaya, Terlihat adanya garis kkeerutan halus. Kulit yang Kering terkadang bisa saja menimbulkan perasaan gatal dan keinginan menggaruk. Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya kurang minum (minimal minum air putih 2 liter per hari), mandi dengan menggunakan sabun yang keras (misalnya sabun yang mengandung antiseptik), berada di udara dingin, memiliki keturunan alergi (atopi), tidak menggunakan body lotion, kulit terjemur matahari, dll.

Meskipun tipe kulit kering mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim, (sangat panas atau sangat dingin), sehingga seringkali terasa kencang, Namun bagi yang mempunyai jenis kulit kering biasanya jarang sekali mempunyai problem jerawat.
Untuk perawatan jenis kulit ini, dianjurkan untuk menggunakan make-up dan toner berformula ringan serta bebas alkohol. Untuk cairan cleanser pilihlah yang creamy. Untuk pencegahan timbulnya keriput dini, Anda juga dapat mengantisipasinya dengan menggunakan pelembab setiap hari pada wajah, leher dan juga kulit di sekitar mata.
Untuk make-up, pilihlah foundation yang mengandung pelembab. Gunakan air hangat untuk melenturkan kulit kemudian bersihkan dengan air dingin.

3. Jenis Kulit Berminyak
Lain halnya dengan jenis kulit kering, jenis kulit berminyak malah kerap sekali dihadapkan dengan problem jerawat, ciri-ciri jenis kulit berminyak biasanya mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan terkadang malah menjadikan beberapa problem kulit kerap bermunculan, apalagi bagi yang jarang sekali mencuci muka sesudah beraktivitas. Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Untuk perawatan jenis kulit ini  bisa anda coba dengan membasuh meka menggunakan air hangat terlebih dahulu agar kotoran lebih bisa terangkat, kemudian gunakan air biasa untuk mencuci wajah dengan sabun muka, bila perlu, untuk Anda juga dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak hampir tidak memerlukan pelembab, apalagi pada usia remaja.

4. Jenis Kulit Kombinasi
Jenis kulit ini sepertinya paling banyak dimiliki kebanyakan orang, ciri-ciri yang bisa kita ketahui yaitu kulit kering dan berminyak di bagian berbeda, terasa berminyak di area ‘T’: dahi, hidung, dagu, Sementara untuk wilayah pipi, daerah seputar mata dan leher lebih kering ketimbang daerah T. Jenis kulit ini juga memiliki pori-pori membesar yang mungkiin akan mudah sekali dihadapkan dengan problem kulit seperti jerawat, dan komedo. ciri lainnya biasanya seperti kulit berminyak, yaitu kulit yang terlihat mengkilat.

Untuk Perawatn jenis kulit ini Anda bisa menggunakan pembersihan, dengan menggunakan konsentrasi tinggi pembersih kulit untuk daerah “T”, serta untuk daerah yang lebih kering, pembersih diencerkan dengan sedikit air. Saya juga sarankan agar tidak lupa untuk mengoleskan plembab setiap kali sesudah membersihkan.

5. Jenis Kulit Sensitif
Ciri-ciri yang bisa kita lihat untuk jenis kulit ini yaitu kulit yang sangat kering, mudah bereaksi dengan berbagai produk kecantikan dan kerap kali kemerahan, gatal, dan sensasi terbakar.
jenis kulit sensitif biasanya memiliki kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Apakah benar sangatlah kering ?
Memang sih kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit ini yang paling sering terlihat kebanyakan sifatnya berminyak namun jikalau kering itu sangatlah kering dan  sangat berpotensi untuk memicu problem kulit.

Perawatan kulit untuk kulit sensitif memanglah tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Bagi Anda yang mempunya jenis kulit sensitif memang baiknya harus ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit baiknya untuk memilih produk khusus bagi kulit sensitif  yang tidak menjadikan kulit alergi, kenali juga penyebab alergi Anda. Tidak ada jaminan produk hypoallergenic atau dermatologist tested lebih berkualitas dari yang tak berlabel. Satu-satunya cara adalah membaca komposisi produk kosmetik dan kenali bahan-bahan yang menyebabkan anda alergi. Produk kosmetik dengan komposisi yang tidak terlalu banyak bisa menjadi pilihan, bukan karena masalah kualitas, tetapi bila terjadi alergi, anda dapat lebih mudah (dengan bantuan dokter/apoteker) mengidentifikasi penyebab alerginya.

Oh ya bagi Anda yang mempunyai Jenis kulit ini baiknya hindari juga makanan makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3) karena yang saya tahu itu bisa memicu timbulnya gangguan kulit.

Untuk info lebih detail mungkin bisa juga konsultasikan dengan orang yang lebih ahli dibidang ini atau bisa juga dengan dokter kulit kepercayaan Anda.
Itu sjaa yang bisa saya bagikan mengenai Jenis Kulit Dan Perawatan Kulit Semestinya, semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Penyebab Kulit Menjadi Hitam
Suplemen Pemutih Kulit Yang Aman di Konsumsi

2 komentar

Kalau saya perhatikan, saya termasuk yang kategori kulit kombinasi mas...

Iyaa kebanyakan orang punya jenis kulit kombinasi ya Kang Awan, di area situ berminyak, di area sini keringggg.... hehehehehe :)


EmoticonEmoticon