14/03/16

Mengenal Lebih Jauh Tanaman Pegagan Dan Manfaatnya


Pegagan merupakan tanaman khas dari daerah tropis yang berbunga sepanjang tahun. biasanya pegagan tumbuh di daerah yang lembab seperti disepanjang tepi sungai atau di dekat sawah-sawah namun tidak menutup kemungkinan juga bila tanaman ini tumbuh di pekarangan rumah.
Pegagan memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerah ada yang menyebutnya antanan, regedek, gotu kola atau centella asiatica dalam bahasa latin.

Mungkin di daerah perkotaan tumbuhan ini seringkali disebut rumput liar atau tumbuhan yang tidak memberikan manfaat sama sekali, namun jangan salah nyatanya tumbuhan ini kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan tubuh ataupun kesehatan kulit. Bahkan suplemen pemutih kulit Glow Enhanz yang sering saya tawarkan pun dalam formulanya menyisipkan ekstrak daun pegagan.

Pegagan atau Antanan bentuk daunnya bulat, batangnya lunak, beruas, dan menjalar hingga bisa mencapai semeter tingginya. Namun bagian yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya.
Berikut unsur-unsur Kimia Aktif yang terkandung dalam Tumbuhan Pegagan Diantaranya :

  • Asiatosida berfungsi Memperbaiki Sel-Sel Kulit, Stimulasi Pertumbuhan Kuku, Rambut, dan Jaringan Ikat.
  • Glikosida Saponin, dengan pemakaian dosis tinggi mampu menghasilkan efek Pereda Nyeri.
  • Saponin bermanfaat untuk mempengaruhi Kolagen, misalnya dalam Menghambat Produksi Jaringan Bekas Luka yang Berlebihan.
  • Triterpenoid mempunyai Aktivitas Penyembuhan Luka yang Luar Biasa.
  • Senyawaan Glikosida Triterpenoida yang disebut Asiaticoside dan senyawaan sejenis, mempunyai manfaat sebagai Anti Lepra (Morbus Hansen).
  • Beberapa bahan aktif lainnya akan Meningkatkan Fungsi Mental melalui Efek Penenang, Anti Stres, dan Anti Cemas.
Adakah manfaat lain dari tanaman ini ?
Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca tanaman ini juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit seperti :
Peradangan dan mempercepat penyembuhan luka, Wasir, Pembengkakan Hati atau Liver. Bisul. Luka Berdarah, Darah tinggi. Campak. Demam. Radang Amandel. Sakit Perut. Kurang Nafsu Makan, Membersihkan Darah, Memperbaiki Jaringan Empedu, Melancarnakan Pencernaan, Campak, Demam, Radang Amandel, Muntah Darah, Cacingan.

Maka dari itu baiknya jangan pandang sebelah mata pegagan ini, meskipun bisa tumbuh liar di pematang sawah namun memang sangat baik juga untuk menunjang kesehatan tubuh maupun kulit.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai tanaman Pegagan Dan Manfaatnya, semoga bermanfaat.
Bagi Anda yang mempunyai pengetahuan lain mengenai Pegagan bisa juga share dikolom komentar.

16 komentar

Baru tau nih tentang tanaman pegagan Kang Awan, tapi kalo bentuknya suka pernah lihat soalnya saya tinggal di pedesaan yang dekat dengan sungai dan sawah hehehehehe :) Dan yang suka dimanfaatkan adalah daunnya ya Kang Awan, seperti Glow enhanz juga menggunakan bahan alami daun ekstrak pegagan mantaaapppp... Iya jadi mengenal lebih jauh nih Kang Awan, serius... :)

wah ternyata banyak banget ya mas manfaat dari pegagan ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak dimatikan..

Saya juga baru tau kalo pegagan atau kalau di tangerang banyak yg menyebutnya dengan antanan semenjak tinggal di Tangerang sebagai obat penyembuh luka..tanaman ini sangat mudah sekali di dapat, biasanya di pinggir sawah

Dulu di kampung saya sering banget nemuin tanaman seperti itu mas, tapi sampai saat ini saya belum tahu apa nama tumbuhan tersebut. dan ternyata tumbuhan tersebut memiliki banyak manfaat ya mas terutama sebagai perawatan kulit

Ya Kang Diar pegagan atau kata orang sunda ma suka di sebut Antanan atuh, masa baru tahu :) kalau di desa saya sih biasanya suka dibuat lalaban Kang.

Ya Mba semoga saja, kita sebagai warga Indonesia yang dapat dengan mudah menemukan tanaman ini bisa lebih memanfaatkannya.

Ya Mas Sonny, Pegagan atau antanan memang tumbuh subur di daerah yang lembab seperti sawah, namun tidak menutup kemungkinan bila tumbuh di pekarangan rumah, soalnya saya juga ngambil foto pegagan ini di halaman depan sodara saya :)

Sebut saja Bunga Mas :D
Ya sih di tiap daerah pastinya beda untuk tanaman pegagan ini, tapi sepertinya kalau di jawabarat hampir sama namanya yaitu antanan.
Makanya saya juga cari tahu apa saja manfaatnya Mas, karena dari produk yang sering saya tawarkan ( gLow enhanz) ada kandungan ekstrak pegagannya juga. :)

koq setelah saya amati masih bingung juga dengan tanaman ini mas.
belum pernah ngeliat pegagan saya,atau mungkin ditempat saya namanya lain lagi kali mas

kayaknya tanaman ini cukup mudah dijumpai ya mas

Banyak dari produsen kosmetik menggunakan Pegagan sebagai bahan utama penghilang jerawat. Tapi ternyata di dalam Glow Enhanz, yang selama ini kita kenal suplemen pemutih, juga terkandung Pegagan (Gotu Kola) dalam takaran kecil, mungkin sebagai penyempurnaan fungsinya dalam memelihara kulit :)

Ya pastinya Mas yant, negara kita kan kaya akan bahasanya juga ada kemungkinan pegagagn berbeda-beda tiap daerah. mungkin kalau di Mas yanto namanya regedek.

Ya mas pastinya, karena tanaman ini kan berasal dari daerah Asia tropik yang tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia so pasti kalau orang indonesia mah mudah menjumpai pegagan.
Oh ya Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. mungkin itu kalau di daerah mas yant :)

Pegagan sendiri bisa digunakan sebagai anti TBC yg mana disebabkan oleh mycobacterium tuberkulosis, sama dengan pnyakit lepra, yg disebabkan oleh mycobacterium leprae, senyawa asiaticoside mirip dengan antibiotik dihidrostreptomisin , yaitu dengan cara mengilis dinding kapsul bakteri, sehingga bakteri lemah dan mampu ditumpas oleh antibodi tubuh kita dengan mudah , selain itu bnyak jurnal2 baik di indonesia maupum luar negeri yg menyebutkan bahwa pegagan mampu meningkatkan daya ingat karena dapat melancarkan aliran darah ke otak, keren bgt dah pegagan


EmoticonEmoticon