21/03/16

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cacar Air

Tags

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cacar Air

Pembahasan tentang cacar air memang sudah banyak bertebaran di internet namun tidak ada salahnya mungkin bila saya kembali membahas  tentang cacar air ini ya, kali aja ada yang belum pernah diketahui. :)

Cacar Air merupakan penyakit kulit yang pasti akan anda alami, hanya 1 kali dalam seumur hidup. "katanya".
Memang kebanyakan orang beranggapan bahwasanya penyakit cacar air pasti akan muncul pada orang yang belum terkena cacar air sebelumnya, bahkan penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit absen hidup kalau disekitaran tempat tinggal saya. :)
Apakah ada yang menderita cacar air 2 kali ? Hemat saya sih tidak menutup kemungkinan jika seseorang menderita cacar 2 kali atau lebih dalam hidupnya, karena penyakit bisa saja muncul karena daya tahan tubuh yang lemah.

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yang juga merupakan organisme penyebab herpes zoster. Penyebaran virus ini terjadi melalui udara dan tak jarang virus ini akan menular sangat cepat, apalagi pada seseorang yang memeiliki anti bodi yang mninim. Memnag fakta banget apa yang dikemukakan beberapa orang, pasalnya saya juga dulu pernah melihat bebrapa kelas di Sekolah Dasar ponakan  saya itu hampir semua muridnya terkena cacar air :) entahlah walahualam bishawab.

Gejala awal penyakit kulit ini hampir serupa dengan gejala flu dimana badan terasa tidak nyaman, demam, cepat lelah, batuk, pilek, nyeri sendi, nyeri kepala. Dari gejala awal  tersebut  biasanya diikuti dengan gangguan pada kulit seperti keluarnya bintik kemerahan, gelembung - gelembung kecil berisi cairan didaerah dada, perut, punggung yang kemudian menjalar ke anggota gerak. 

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala - gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat kulit bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung - gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air. Herpes zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh kita turun hingga tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali.

Bagi Anda atau yang mempunyai anggota keluarga yang terkena penyakit ini baiknya mengenakan pakaian yang longgar, hal ini bertujuan untuk meminimalisir bekas luka yang parah akibat penyakit cacar air ini. Bekas luka setelah sembuh dari penyakit ini memang sangatlah beragam bahkan bisa jadi akan abadi menemani perjalanan hidup Anda. Namun jangan khawatir, di era modern ini berbagai perawatan kulit untuk menghilangkan bekas luka bisa anda coba dan memang cukup efektif, seperti terapi laser, dermabrasi, mikrodermabrasi,  chemical peeling atau bila kondisi luka yang diakibatkan cacar air tersebut sangatlah ringan bisa juga disamarkan dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas cacar, dan jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 di pagi hari. 
Selain itu, bekas cacar juga dapat disamarkan dengan penggunaan krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Alangkah baiknya bila konsultasikan langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin agar penanganannya lebih tepat, karena yang saya tahu penanganan bekas cacar ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman lesi pada kulit dan bila mengunjungi langsung dokter spesialis kulit, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu baik mengenai kedalaman lesi bekas cacar, jenis kulit ataupun reaksi alergi, dengan prosedur tersebut pastinya kesehatan kulitpun terjaga.

Itu saja yang bisa saya bagikan Tentang Cacar Air Lebih Jauh, semoga bermanfaat.

32 komentar

iya memang kayaknya setiap pernah ngalamin cacar air mas,kalau belum ngalamin belum afdol hidupnya :D

banyak juga ya cara pengobatan untuk menghilangkan bekas cacar ya mas

Ya mas, untuk menghilangkan bekas cacar memang bisa dilakukan dengan beragam cara, mungkin karena luka bekas cacarpun bervariasi.

Berarti emang hampir semua orang pernah juga ya, saya kira Mas Yanto mah sehat selalu :)

dulu pernah ngalamin mas
duluuu sekali

tinggal lihat isi kantong tuh mas.haha

la wong saya ngetest pertamx jeh

mohon maaf itu sudah sesuai prosedur mas :D

biasa aja Mas bilang dulunya, keliatan banget abegeh nya :D

Kalangan mas Awan sendiri sudah pernah?

Saya terkena cacar air waktu kelas 3 SMP pas saat ebtanas (UN)

Kenapa ini mas yanto dan mas Awan ribut aja berdua? berebut apa hayoo? :)

Iya betul Kang Awan, saya juga pernah alamin cacar air sekali, waktu SD,,, selanjutnya perasaan nggak pernah mengalami cacar air lagi... :)

afdol banget ....betuk Mas Yan

kalau lagi tanggung bulan kaya gini kantongnya pada bolong mas

jadi cacar air hanya 1 kali dalam seumur hidup manusia mas.... pantesan saya ngarep ngarep kok g pernah ketemu cacar ingat dulu pernah ngalemin waktu masih kecil

demam bayar udah merebak dimana mana rupanya

mana nih celoteh temen temen coba

bukan abegeh dia mah, emang dia mah kan orang doelo jadi ya begitu lah

Ini yang saya takutkan mas, banyak yang bilang penyakit cacar setidaknya menyerang manusia sekali seumur hidup. sedangkan saya belum pernah terkena cacar sejak lahir, sudah sering saya tanyakan ke orang tua tentang saya sudah pernah kena cacar atau belum dan jawabanya memang belum pernah. Jadi takut saya mas

nah loh mas yan kena palak juga disini. monggo mas dibayar saja daripada nanti saya yang bayarin..

Hadeuh panjang nih urusan :D

Ya sudah, kalau begitu Mas Dzatmiko yang harus tanggung jawab.
silahkan bayar Mas :)

Saya masih belum afdol kalau kata mas yant mah :)

Oh gitu ya, berarti bener juga ya rata-rata terkena cacar itu antara SD dan SMP berarti ya Mas?

Biasa lah sebut saja bunga Mas :)

Ya Kang Diar orang yang sudah mengalami cacar biasanya seperti punya anti Virusnya, jarang sekali orang yang sudah pernah cacar, kembali mengalami penyakit ini.:)

Biasa Mas, kalau mau celoteh di blog ini temen" briefing dulu :D

Yang penting jalani saja Mas, jangan takut, jangan bimbang. Saya sendiri Alhamdulillah belum pernah kena cacar Mas. :)


EmoticonEmoticon