02/03/16

Mengenal Lebih Jauh Tentang Menstruasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause tak khayal menstruasi atau haid juga sering disebut datang bulan atau tamu bulanan.

kebanyakan para wanita mengetahui bahwa siklus haid itu 28 hari. namun setahu saya setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, dan itu terkadang berubah., kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Oh ya perlu diketahui juga biasanya menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari Dan menurut beberapa sumber rata-rata 35mL per harinya.

Dengan seringnya menghitung siklus haid itu bisa memudahkan Anda untuk menghitung massa subur, hal ini sangat efektik menurut saya bagi Anda yang menginginkan segera mendapatkan momongan. Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Isteri Tak Kunjung Hamil

Tak sedikit wanita mengira masa subur atau masa ovulasi mereka terjadi saat 2 minggu setelah haid. Ya memang tidak salah, namun hemat saya itu berlaku bagi wanita yang memiliki siklus haid 28 hari. Sedangkan bagi yang siklus haidnya lebih dari 28 hari, maka masa ovulasi itu terjadi 2 minggu sebelum masa menstruasi. Wallahu A'lam Bishawab,  mungkin bisa juga konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Disaat haid atau menstruasi biasanya wanita cenderung menjadi sangat sensitif dan emosional. mengapa hal ini bisa terjadi ? Memang sudah menjadi rahasia umum jikalau wanita kedatangan tamu bulanan atau menstruasi itu gampang ngambek, nafsuan, negatif thinking, pokoknya sangat sensitif dan seolah-olah penuh dengan nafsu yang menggila. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. untuk lebih jelasnya silahkan baca juga artikel saya sebelumnya, Kenapa Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ?

Silahkan Baca Juga :
Pembalut Yang Baik Untuk Dipakai Saat Menstruasi
Makanan Yang Baik Saat Menstruasi atau Haid

16 komentar

yang namanya dan disebut Mens, kenapa selalu berbau dan warnanya kadang merah menyala, kadang merah campur item sedikit, malahan kadang suka bergumpal-gumpal kaya bola bekel, kenapa ya?

ALhamdulillah setelah saya mengenal lebih jauh soal menstruasi, saya jadi lebih berhati-hati lagi saat mens itu mendatangiku setiap bulannya

menstruasi itu harus terjadwal ya kang, tapi ada loh yangmenstruasinya kurang rapi kadang 2bulan baru menstruasi. itu kenapa ya?

Kok tahu ? suka ngintips yaa ? :D
Setahu saya sih kang itu dikarenakan hasil dari sel telur yang meluruh karena tidak terjadi pembuahan, hal inilah yang dapat menghasilkan warna merah terang, kecokelatan hingga hitam, serta dapat bertekstur tipis atau sangat tebal. Perubahan yang terjadi pada warna dan tekstur darah kotor, bukanlah termasuk kondisi yang serius, namun meskipun seperti itu baiknya mengetahui artian warna darah tersebut.

berikut artian warna pada darah
-Merah terang, darah yang baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung ringan dan teratur.
-Merah gelap, yang menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama disimpan dalam rahim dan baru keluar sekarang. Biasanya, darah dengan warna demikian terjadi saat wanita bangun tidur.
-Kecokelatan maupun kehitaman, yang menandakan adanya darah tua. Para wanita yang mengalami darah ini biasanya mengalaminya mendekati akhir periode menstruasi dengan aliran darah yang tidak deras. Wanita dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur juga cenderung mengalami darah menstruasi dengan warna demikian.
-Oranye, warna yang timbul karena darah bercampur dengan cairan dari serviks. Selain itu, warna oranye juga dapat mengindikasikan adanya infeksi. Jika darah oranye terus terjadi dengan adanya gejala kesehatan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

hadeuh taluk gustiii, emang akang suka kedatangan tamu bulanan ieu ? :)

Penyebabnya sih beragam Kang, Bisa jadi karena indeks massa tubuh (IMT) > 30, Malnutrisi (kurang gizi), Stres psikologis
Atlet, Kekurangan vitamin K, Penggunaan obat-obatan tertentu, gangguan organ kandungan. ya umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.

Saran saya sih bagi yang mengalami siklus haid seperti itu baiknya konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat dan saran yang lebih jelas.

Saya belum punya pasangan (istri) jadi saya belum tau nich tentang menstruasi pada wanita

Tapi info ini sangat berguna, jika nanti sudah punya istri. apalagi katanya jika istri atau wanita sedang dapat tamu bulanan, gampang ngambek, dan emosional...jadi bisa maklum..hehe

Halo Kang Awan.. hehe.. Oh jadi siklus haid dapat berpengaruh juga terhadap tips biar cepet punya momongan ya Kang Awan.. Jadi semacam strategi gitu ya Kang Awan... :)

kalau berbicara mengenai menstruasi ini sebenarnya ada hal menarik mengenai hidup perempuan. karena menstruasi ada yang mengatakan untuk mendaur ulang kesuburan wanita, jadi yang ovarium dan kromosom yang sudah tidak terpakai dikeluarkan dan diganti dengan yang baru. itu katanya mas.

saya kira pernah di tampung mas sama mas awan. hehehehe
ternyata dari beberapa sumber toh.

Ya Mas, semoga saja bermanfaat untuk hari depan, dan semoga cepet punya isteri yaaa saya doain Mas :)

Hallo juga Kang Diar :)
ya kang dengan memeprhatikan siklus haid pastinya bisa lebih akurat untuk memprediksi kapan masa subur.

Ya Mbah terimkaasih tambahannya, menstruasi memang sangat erat kaitannya dengan kesuburan wanita, makanya memeprhatikan siklus haid juga sangatlah penting untuk mengetahui masa subur.
Mungkin maksudnya sel ovum ya Mbah, kalau ovarium sistem reproduksinya.

Hadeuh emangnya pembalut Kang.
hadeuh jadi Mas rozak ayna ma, moal akang atuh nya :)

Mas, emang bener gak sih kalo stress itu pengaruh sama siklus haid juga?

Wallahu A'lam Bishawab namun setahu saya stress juga menjadi penyebab siklus menstruasi atau haid tidak teratur Mba Yuli. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dipercaya dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.
Namun erlu diketahui juga sama halnya dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat.
siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.


EmoticonEmoticon