16/04/16

Adakah Cara Memulihkan Kulit yang Terbakar Matahari ?

Tags

Adakah Cara Memulihkan Kulit yang Terbakar Matahari ?

Weekend merupakan waktu yang sering digunakan sebagian orang untuk berada diluar rumah, baik itu jalan-jalan ke alun-alun kota, pantai, bersepeda, yang pasti banyak melakukan aktivitas di luar rumah untuk melakukan refresing. Tidak sedikit jumlahnya yang tidak sadar beraktivitas di bawah paparan matahari tanpa menggunakan lotion atau pelembab sebelumnya berujung dengan kerusakan kulit akibat radiasi sinar ultraviolet matahari.

Sebagian besar sunburn merupakan luka bakar derajat satu, yang menimbulkan gejala kemerahan disertai nyeri atau perih ketika disentuh. Kerusakan kulit terjadi pada lapisan kulit terluar. Bila Anda mengalami hal ini janganlah terlalu panik, biasanya kulit akan memperbaiki diri dan mengalami regenerasi seiring waktu. Namun pada kulit terbakar matahari dengan derajat lebih berat, tentunya dibutuhkan penanganan yang lebih intensif.

Bagaiman Cara Memulihkan Kulit yang Terbakar Matahari ?
Menurut dr. Citra Roseno ada 3 Cara yang bisa Anda coba Jika kulit terbakar matahari, berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena kulit terbakar matahari:
  1. Letakkan handuk dingin pada area yang terbakar.
  2. Mandi dengan air dingin.
  3. Oleskan kulit yang terbakar matahari dengan pelembap yang mengandung aloe vera (lidah buaya). Setelah kulit terbakar matahari, kulit dapat terasa gatal, kering, atau terkelupas. Hal ini merupakan bagian dari proses penyembuhan. Mengoleskan pelembap dapat membantu mengurangi gatal dan membuat Anda merasa nyaman.
Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Alergi Pada Kulit

Mengobati Kulit Terbakar Melepuh
Apabila timbul lepuh pada kulit yang terbakar matahari, diperlukan penanganan lebih lanjut karena menandakan derajat luka bakar yang lebih berat.
Lepuh yang tidak pecah dan berukuran kecil, dapat sembuh dengan sendirinya. Tutupi dengan kain kasa agak longgar pada area yang bermasalah, serta hindari tekanan atau gesekan pada daerah tersebut.
Sedangkan pada lepuh yang terbuka, segera bersihkan dengan air. Dibutuhkan salep antibiotik dan kasa yang bersih untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder. Periksakan ke dokter untuk penanganan yang optimal.

Selama proses penyembuhan, hindari paparan sinar matahari Gunakan tabir surya dengan SPF spektrum luas 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan (setidaknya SPF 30). Pilih SPF lebih besar pada daerah tropis atau daerah ketinggian. Ulang penggunaannya jika Anda berkeringat atau basah. Lakukan juga perawatan ekstra pada kulit – dengan mengoleskan pelembap, mengonsumsi makanan bergizi, serta menjaga kecukupan asupan cairan tubuh.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Cara Memulihkan Kulit yang Terbakar Matahari, semoga bermanfaat.

Baca Juga ;

16 komentar

Pakai es batu juga bisa mungkin kang :D

pwetamax nih, mau tanya kang, adakah dampak pada tips diatas? misalnya alan ada bekas hitam atau flag. makasih infonya

Cukup mudah juga ya Kang Awan untuk memulihkan kulit yang terbakar matahari, jangan khawatir apabila entar pake pelembab terasa gatal, itu TANDANYA MAU SEMBUH... :)

makasih mas, ini tips yang paling gampang dan mudah

oh ya ya, saya dapet pertamax.
gak mau ah, ambil yang laen aja

saya sudah biasa panasan di sawah jadi kulit saya tdk terbakar akan tetapi hitam

Waduh kommennya d moderasi, kira-kira muncul apa nggak yah komen saya

Ya Kang bisa juga, sebenarnya sii dibiarkan saja juga bisa sembuh dengan sendirinya (kalau tidak terlalu parah)

untuk masalah flek hitam bisa Akang ketahui lebih lengkap pada artikel saya yang judulnya Cara Menghilangkan Melasma Dan Flek / Noda Hitam.

Pastinya atuh Kang Diar, kan mamang mah selalu membagikan tips" yang mudah, biar lebih gregettt :)

Ya Sama-sama Mas, semoga bermanfaat

Siapa saya ?
Terimakasih :)

berarti kulit kita ini mirip dengan hutan indonesia yang bisa terbakar oleh sinar matahari ya, jika demikian maka sepatutnya menjaganya dengan cara diatas, supaya lebih greget kata mang adminnya ge'

Bukan kaya hutan sih, cuma kalau terlalu lama di bawah paparan matahari bisa menyebabkan kulit terbakar Kang. :)

Ini sering terjadi pada saya kang...kulit mengelupas kalau terlalu lama terkena sinar matahari langsung...biasanya kalau ikut aksi unjuk rasa


EmoticonEmoticon