12/04/16

Cegah Kanker Serviks, Perempuan Tersenyum

Tags

Cegah Kanker Serviks, Perempuan Tersenyum


Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan juga bila terjadi pada wanita berusia di bawah 30 tahun.

Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Memang sih meeski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Namun baiknya ntuk memastikan penyebab kondisi Anda, baiknya konsultasikan dengan dokter.

Berita kali ini saya coba bagikan artikel di halamannya Dinas kesehatan pemerintah Kabupaten Bandung yang berjudul:
INOVASI "CEGAH KANKER SERVIKS, PEREMPUAN TERSENYUM" KEMBALI MERAIH TOP 99 KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK NASIONAL 2016

Dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Badung semakin giat melakukan inovasi-inovasi dibidang pelayanan publik. Berbagai inovasi sudah mampu digulirkan mulai dari pemenuhan akses dasar di sektor kesehatan dan pendidikan sampai kemudahan pelayanan di tingkat Desa dan Kelurahan.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi yang sudah dilaksanakan Pemerintah Daerah, maka Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) kembali melaksanakan kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional yang secara wajib diikuti oleh seluruh instansi Kementerian, Provinsi, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Ajang SINOVIK Tingkat Nasional tahun 2016, salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Badung yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan yang berjudul " Cegah Kanker Serviks, Perempuan Tersenyum" kembali mendapatkan TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diikuti oleh ribuan inovasi dari masing-masing daerah. inovasi ini berupa pemberian vaksinasi kanker serviks dengan sasaran anak sekolah SMP,SMA dan SMK se-Kabupaten Badung serta PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Inovasi ini bersifat kreatif dan inovatif dalam hal adanya investasi sehat dan proteksi spesifik karena bersifat masal, waktu pelaksanaannya serentak, responsif gender, komitmen pimpinan daerah dengan jalur pelaksanaannya di institusi pendidikan yaitu sekolah dengan pendekatan yang humanis dan sosiologis.

Dampak inovasi ini adalah dapat meningkatkan cakupan imunitas, hasil vaksinasi kanker serviks dari tahun 2012 sampai 2015 adalah 8084 orang. Dampak berikutnya adalah model pelayanan yang inovatif sehingga respon masyarakat cukup bagus. Dampak yang lain adalah upaya penanggulangan kanker serviks secara komprehensif karena inovasi vaksinasi kanker serviks ini merupakan pencegahan primer dan tidak meninggalkan pencegahan sekunder yang selama ini sudah berjalan.

1 komentar so far

Betul, betul itu, saya sangat setuju bila pencegahan dapat di lakukan sedini mungkin untuk masalah kanker serviks ini.


EmoticonEmoticon