05/04/16

Mengenal Lebih jauh Mengenai Penyebab Wasir Dan Cara Menyembuhkannya

Tags

Penyebab Wasir Dan Cara Menyembuhkannya

Wasir atau yag sering disebut ambeien merupakan penyakit yang cukup menyiksa, betapa tidak  menurut para penderita wasir penyakit ii membuat tidak nyaman sekaligus bikin minder. Bagi para penderita Wasir atau ambeien, anus atau dubur teraba seperti benjolan kecil yang bisa menimbulkan rasa nyeri, gatal dan membuat tidak nyaman.
Wasir atau ambeien ditandai dengan gejala pendarahan dan benjolan kecil yang keluar diwaktu buang air besar, dan nyeri yang cukup hebat jika wasirn yang hebtya terjepit.

Apakah Penyebab Wasir atau ambeien ?
Wasir atau ambeien disebabkan karena lemahnya pembuluh darah vena di rektum, faktor genetis atau juga disebabkan karena terllu sering sembelit, duduk yang terlalu lama, hipertensi, obesitas dan kurang gerak. Apakah faktor makanan juga bisa menyebabkan wasir ?
Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca makanan peddas, alkohol juga bisa memicu terjadinya wasir. Bukan Cuma itu stres dan kelelahan juga bisa mencetuskan serangan wasir.

Benarkah Penderita Yang Paling Berpotensi  Wasir  Itu Wanita ?
Menurut dr.Maulin Ni’mah wasir pada wanita sering berkait dengan kehamilan. Pembesaran rahim pada kehamlian akan menekan pembuluh daah balik  di rektum, meningkatkan hormon progesteron yang memperlambat peristaltiik usus, sehingga meningkatakan risiko seembelit. Wasir dapat menyerag siapa saja namun memang yang paling terkena wasir adalah waita apalagi bagi mereka yang pernah melahirkan anak lebih dari sekali ( multipara).

Wasir juga bisa menimbulkan komplikasi, Hal ini diakarenakan  luka dengan rasa sakit yang hebat sehingga si sakit takut  mengejan dan dan takut BAB. Karena hal ini mengakibatkan tinja makin keras dan makin memperberat luka di anus . Jika luka di daerah anus tersebut dibiarkan bisa menyebabkan infeksi pada daerah luka tadi sampai terjadi nanah dan fistula( Saluran tak normal) dari selapur lendir usus/anus.
Pendarahan luka pada wasir juga bisa menyebabkan anemia, sementara benjolan yang keluar dari anus dan terjepit oleh otot lingkar dubur membuat tonjolan itu tidak bisa masuk kembali. Sehingga tonjola tersebut menjadi merah, makin sakit dan mungkin bsa menjadi lebih besar. Jika tidak segera ditangani luka tersebut dapat membusuk.

Cara Mengobati Wasir Atau Ambeien

Pengobatan Wasir Atau Ambeien memang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, pengobatan wasir bisa dengan melakukan tindakan terapi injeksi  atau bedah. Namun yang utama adalah  perubahan gaya hidup ( Lifestyle), berupa pola makan, pola gerak, pola istirahat utuk mencegah kambuhnya wasir.

Nyeri pada penderita wasir bisa diobati dengan salep atau obat yang dimasukan lewat anus, atau dengan duduk berendam di air hangat. Adapun pendarahan dapat dihentikan dengan menginjeksi laruta sklerosan atau dengan fotokoagulasi dengan infra merah, diatermi dan laser. Sedangkan untuk penderita wasir yang keluar dan tidak dapat dimasukan kembali bisa diobati dengan tindakan operatif/bedah dengan hemorroidectomy.

Hemerhoid Externa atau wasir luar, ini adalah varises dibawah otot dan biasaya berhubungan dengan kulit. Wasir luar terbagi menjadi dua jnis yaitu:
1. Akut, berupa bengkak bulat kebiruan pada piggiranus. Seering terasa sangat sakit dan gatal
2. Kronis, artinya wasir terjadi sejak lama.
Gejala wasir luar yang sering terjadi adalah adanya benjolan di anus (dubur), kadang berdarah, dan buang air besar campur darah, terasa perih,  nyeri, atau panas. Hati-hati bila terjadi pendarahan yang cukup banyak, hal tersebut bisa menyebabkan anemia ( Kurang darah).

Hemorrhoid interna adalah wasir yang terjadi di dalam. Gejala yang paling sering muncul adalah pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar, dengan feses yang keras.
Wasir ini terbagi menjadi 3 derajat:
1. Derajat I (dini) : Benjolan belum menonjol pada anus ( dubur).
2.Derajat II : Benjolan sudh menonjol dan dapat menonjol  melewati dubur sesudah penderita buang air besar.
3. Derajat III : Benjolan telah menonjol secara menetap.
Pada derajat I danII, wasir interna masih dapat hilang secara spontan , tanpa perlu melakukan operasi. Namun penderta juga harus melakukan sejumlah hal utuk memperlancara proses penyembuhan ini.
Caranya megobati yang bisa anda coba bagi penderita pada derajat I dan II

  1. Menghirup udara bersih dalam-dalam sambil menarik masuk dubur sekuat –kuatnya ( kedalam). Embusakan nafas pelan-pelan sambil mengendurkan  dubur. Ulangi hingga 10-25 kali, 2-3 kali dalam sehari.
  2. Lakukakan gerakan jongkok pelan-pelan sebanyak 25 kali. Disaaat jongkok atur nafas anda. Disaat berdiri tarik nafas anda dan disaat jogkok keluarkan nafas Anda.
  3. Upayakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup.
  4. Kurangi konsumsi cabai dan makanan pedas.
  5. Atur pola tidur Anda.
  6. Hindari melakukan aktivitas duduk yang terlalu lama.
  7. Melakukan senam/olahraga
  8. Konsumsi obat berupa pelancar buang air besar. Atauobat yang bisa dimasukan kedalam dubur.

Bagi Anda yang mempunyai wasir pada derajat III bisa juga melakukan ke 8 langkah trsebut, namun bila itu tidak berhasil dan tidak memberi perubahan sama sekali sebaiknya dilakukan tindakan operasi.


Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Penyebab Wasir Dan Cara Menyembuhkannya Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel kesehatan Lainnya:

2 komentar

kemarin sore denger talkshow di radio, konon penyebab wasir ini paling banyak karena pola makan yang kurang imbang antara sayur, karbo dan protein hewani. juga kurang minum air putih

Kurangnya asupan serat memang dapat memicu penyakit wasir ini Mas, dengan menjaga asupan makanan yang benar memang langkah yang cukup efektif untuk menunjang kesehatan dan terhindar dari penyakit termasuk Wasir.


EmoticonEmoticon