12/05/16

Bolehkah Melakukan Seks Saat Haid ?

Tags


Melakukan Seks atau bercinta memang boleh-boleh saja tatkala kita sudah menikah, namun dikala wanita sedang haid terkadang hal ini masih menjadi tanda tanya besar bagi beberapa pasangan. Apakah boleh atau tidak melakukan seks saat sang isteri sedang haid?

Berikut penjelasan mengenai Boleh Atau Tidaknya Melakukan Seks Saat Haid, dari segi Agama dan Medis.

Dari segi Agama melakukan seks atau bercinta saat isteri sedang haid itu DILARANG !!!
Hal ini sudah dijelaskan juga dalam Al-Quran surat Al baqarah ayat 222 yang artinya :
"Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran." Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. "
Dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik, bahwa orang Yahudi bila istrinya sedang haid mereka tidak mau makan bersama, tidak mau serumah dengan dia. Maka seorang sahabat Rasulullah menanyakan hal itu, lalu turunlah ayat ini.

Kemudian Rasulullah saw. bersabda: "Segala sesuatu boleh kamu perbuat dengan istrimu yang sedang haid selain bersetubuh."
Haid itu darah kotor yang keluar dari rahim perempuan tiap-tiap bulan paling cepat sehari semalam lamanya dan biasanya 6 atau 7 hari, dan paling lama 15 hari.
Bagaimana penjelesan dari segi Medis ?


Apakah Boleh Melakukan Seks saat haid. ?
Statement seorang dari segi medis ini memang seringkali menjadi kontrofersi, karena tidak sedikit juga orang yang menyebutkan dalam tulisannya bahwa dari segi medis itu  diperbolehkan untuk bercinta atau melakukan seks. Namun bagi Anda yang masih ragu akan boleh atau tidaknya melakukan seks disaat haid , Saya sarankan agar TIDAK MELAKUKANNYA, selain karena dari segi agama juga sudah dilarang dari pengamatan saya pribadi seorang yang membuat tulisan memperbolehkan pun terkadang mereka juga menyebutkan bahwa akan ada bahaya yang bisa mengancam Anda dan bila dikaji lebih dalam risiko terkena infeksi, ganguan sistem reproduksi/ ganguan kesuburan itu lebih tinggi.

Menurut Dr Gunawan Dwi Prayitno, SpOG (K) dari RSPAD Gatot Subroto, Selasa (2/3/2010).
"Darah adalah sumber makanan bagi kuman, banyak zat-zat makanan yang terkandung di dalam darah. Karena itu jika darah masuk ke dalam perut bisa menjadi medium yang sangat baik untuk perkembangbiakan bakteri yang ada di tubuh."

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Isteri Tak Kunjung Hamil 

Ada 3 hal yang harus diwaspadai jika melakukan hubungan seks saat si perempuan sedang menstruasi.

1. Endometriosis

  • Saat melakukan hubungan suami istri, sang perempuan akan mengalami orgasme dan pada saat itu rahim akan berkontraksi yang menyebabkan darah kotor dari menstruasi bisa masuk ke dalam perut melalui saluran telur. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya endometriosis pada tubuh perempuan.
  • pada saat itu rahim akan berkontraksi yang menyebabkan darah kotor dari menstruasi bisa masuk ke dalam perut melalui saluran telur. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya endometriosis pada tubuh perempuan.
2. Infeksi
  • Hubungan suami istri biasanya akan menimbulkan luka dan endometriumnya mengalami peluruhan, darah menstruasi atau sperma yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.
3. Luka trauma di mulut rahim
  • Hubungan intim dengan wanita haid bisa menyebabkan luka trauma di mulut rahim yang diakibatkan adanya infeksi.
Perubahan horomon pada wannita sedang haid mungkin memang bisa memberikan kepuasan tersendiri untuk Anda atau pasangan, namun perlu di ingat juga efek negatif yang sangat tinggi itu bisa mengancam Anda atau pasangan.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Bolehkah Melakukan Seks Saat Haid ? Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi
Kenapa Wanita Mudah Marah Saat Menstruasi ?
Vitamin Kesuburan Wanita agar Cepat Hamil

10 komentar

bener itu kang jangan ah. meskipun kata dokter boleh.

Ya Kang jangan sampailah, Membina hubungan suami istri kan tidak harus selalu berkaitan dengan urusan ranjang. :)

Kalau pendapat Saya gini loh gan,,, kalau meman gitu2an nya kagak boleh,, yah masa raba2an kagak boleh juga sih ? apalagi kalau lagi spaneng ? bisa rtepotkan ??? yang penting jangan sampe di M**ukin ajahh... :D *sori yah gan komennya agak ngeres jahahah

intinya diharamkan dalam agama dan berbahaya dalam ilmu kesehatan :D

Ya Mas silahkan saja toh saya mah cuma berbagi ilmu Mas, perkara ini memang cukup sulit juga apalagi bagi yang baru menikah "sepertinya" :)

ya Mas mending janganlah, toh efek negatifnya pun lebih tinggi dibanding kepuasaannya :)

Kalo menurut Pak Ustadz, itu nggak boleh... Dan kalau menurut Bu dokter atau Pak Dokter, ada yang punya statment boleh ya Kang Awan, tapi kayaknya entar mendingan ngikutin saran kang awan: TIDAK MELAKUKANNYA... :D #Belum Kawin wkwkwkwkw :)

Ya Kang Diar, tidak sedikit juga yang menyebutkan boleh saja kalau tidak jijik melihat darah yang berceceran. padahal risiko untuk tekena penyakit/ infeksi itu lebih tinggi.

Itu tagarnya apa mau diubah kang ?heuheu
saya doakan deh semoga dapat pasangan yang sesuai harapan kang Diar :)

ih jangan atuh kang, nggak boleh pisan eta teh, pamali ceuk kolot tea mah...

Ya atuh saya mah moal Kang :)


EmoticonEmoticon