31/05/16

Penyebab Kemandulan Pada Pria Dan Wanita

Tags


Setiap pasangan pastinya ingin  mempunyai momongan atau buah hati, Tidak adanya keturunan dalam jangka waktu pernikahan yang cukup lama memang bisa menjadi tanda tanya besar bagi sebagian pasangan.
Apakah Pasangan Anda yang tidak subur, atau bahkan Anda yang tidak Subur?
Saran dari saya masalah keturunan jangan terus dipikirkan karena itu hanya akan membuat anda sensitif dan itu bisa menambah deretan rasa tertekan anda. Mulailah mencari penyebab dan solusinya mungkin itu lebih baik.

Baca Juga : Perlukah Suplemen Kesuburan Agar Cepat Hamil ?

Kemandulan bisa saja disebabkan dari beberapa faktor baik dari pria maupun wanita. Berikut saya rangkum beberapa penyebab yang bisa menjadikan kemandulan .

Penyebab Kemandulan Pada Pria :

Kelainan Genetik
Kelainan genetik ini mempengaruhi pertumbuhan testis sehingga pria memproduksi sedikit atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.

Sperma Yang Buruk
Kualitas sperma juga menntukan  terjadinya kehamilan, jika bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna(normal) maka tidak akan mampu mencapai sel telur. Hal ini bisa terjadi akbiat memakai celana ketat, alkohol, merokok kelelahan atau terlalu sering berejakulasi.

Varikokel
Adalah pelebaran pembuluh darah vena didaerah buah zakar.

Saluran Sperma yang Tersumbat
Hal ini bisa saja merupakan bawaan lahir, atau adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Impotensi
Impotensi biasanya dikarenakan akibat dari Kelainan pembuluh darah, Kelainan persyarafan. Obat-obatan, Kelainan pada penis dan Masalah psikis yang memengaruhi gairah seksual. Bila aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak bisa berdiri dan berejakulasi.

Pengaruh Radiasi dan Obat
Radiasi serta obat-obat tertentu bisa mempengaruhi kualitas sperma, fungsi testis dan hormon reproduksi dan menyebabkan masalah kesuburan.

Penyebab Kemandulan Pada Wanita: 

Endrometriosis
Adalah ketidaknormalan pertumbuhan jaringan implan diluar rahim atau uterus, padahal normalnya hanya tumbuh didalam rahim.

Faktor Hormonal
Terjadinya kelainan hormon reproduksi, seperti lutein dan perangsang folikel dapat menghalangi terjadinya pelepasan sel telur. Kelenjar hipotalamus-pituitari yang abnormal karena faktor genetik, tumor atau kanker juga dapat menghambat ovulasi. Kelainan kelenjar tiroid, kelebihan dan kekurangan hormon juga menyebabkan kacaunya siklus menstruasi.
Selain itu Stress, anoreksia, dan kegemukan juga sangat sering menjadi penyebab yang menghambat kinerja hormon reproduksi wanita.

Penyumbatan Tuba Falopi
Rusak atau tersumbatnya tuba falopi ini umumnya disebabkan oleh salpingitis, yang dapat mengahambat kehamilan atau menyebabkan kehamilan diluar kandungan.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Sindrom ini menyebabkan banyaknya kista ovarium dan berlebihnya produksi androgen, testosteron. Akibatnya tidak terjadi ovulasi.

Tumor dan Kanker Rahim
Tumor dinding rahim yang jinak atau ganas bisa menyebabkan infertilitas.

Menopause Dini
Permatur atau Menopause Dini yang terjadi bila wanita berhenti menstruasi kemudian folike ovariumnya telah menyusut sebelum berusia 40 tahun. Hal ini bisa disebabkan oleh kelainan imunitas, kemoterapi, radioterapi, dan merokok.


Adakah Solusi Terbaik Untuk Masalah Kemandulan?
Hemat Saya setiap masalah pastinya ada solusinya asalkan kita mau bersabar dalam menjalani, Berdo'a dan  konsultasikanlah keluhan dengan dokter Anda, mungkin itu langkah yang tepat agar bisa menjalankan program kehamilan Anda dan pasangan.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Penyebab Kemandulan Pada Pria Dan Wanita , Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 
10 Alasan Kenapa Isteri Tak Kunjung Hamil
Vitamin Kesuburan Pria Dan Wanita Untuk Program Kehamilan


EmoticonEmoticon