20/05/16

Perbedaan Makna Gizi Seimbang Dan 4 Sehat 5 sempurna

Perbedaan Makna Gizi Seimbang Dan 4 Sehat 5 sempurna

Antara konsep gizi seimbang dan 4 sehat 5 sempurna memang tidak terlalu jauh perbedaannya namun didalam konsep gizi seimbang untuk konsumsi makanan yang sehat lebih spesifik, diantaranya penerapan mengenai porsi makan. 

Dalam Pola Gizi Seimbang jika pola makan kita tinggi karbohidrat, tinggi lemak, sedikit protein, sedikit sayur dan buah, maka pola  tersebut tidak bisa dikatakan sehat. Pada konsep 4 sehat 5 sempurna, pola makan tersebut  masih dihitung meski protein, sayur dan buah porsinya sedikit.

Tidak cuma itu, konsep gizi seimbang juga lebih menegaskan susu bukanlah penyempurna di dalam pola makan yang sehat. pasalnya kandungan yang ada pada susu sebenarnya bisa juga kita dapat dalam asupan makanan yang lain seperti telur, daging, ikan yang memang memiliki kandungan protein.

Bagaiaman cara menerapkan Pola Gizi Seimbang dalam keseharian kita?
Jumlah kebutuhan asupan makanan seseorang memang tidak bisa disamaratakan antara seorang yang memiliki aktivitas yang begitu banyak dan yang biasa saja. Namun menurut apa yang saya temukan di halamannya Kementrian Kesehatan Indonesia, Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang setiap hari tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2-3 porsi, protein hewani 2-3 porsi, makanan pokok 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi dan minum air mineral minimal 2 liter atau kurang lebih 8 gelas.

Memenuhi asupan air mineral juga cukup diperhatikan dalam penerapan konsep gizi seimbang, Saya juga dengan hal ini karena hemat saya asupan air mineral cukup efektif juga untuk menunjang kesehtan. 


Nah bagi Anda yang ingin menerapkan Pola Gizi Seimbang baiknya perhatikan 4 prinsip, yaitu: Membiasakan makan makanan yang beraneka ragam, Menjaga pola hidup bersih, Pentingnya pola hidup aktif dan olah raga, dan pantau berat badan.

Itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

6 komentar

konsep 4 sehat 5 sempurna di zaman sekarang sepertinya jarang terdengar lagi ya kang, maraknya makanan cepat saji menjadikan orang makan maunya serba instan tanpa memikirkan faktor 4 sehat 5 sempurna lagi..

Kalau sayamah sih untuk masalah gizi2 kek gitu kurang ngerti gan.,,,, makan juga palingan asal2lan,, yang penting kenyang, padahalkan itu juga kurang baik yah ? harusnya juga kita usahkan untuk makan - makanan yang bergizi dan sehat

Wah...tipsnya keren mas awen..intinya kita memang harus memperhatikan asupan gizi harian kita secara teratur untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang agar selalu sehat

Heuheu, ya Kang apalagi untuk menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. :)

Ya Mas, baiknya beraneka ragam dan bukan cuma kenyang. :)

Nah itu Mas, sepertinya Mas sonny lebih tahu nih masalah gizi seimbang dibanding saya mah :)


EmoticonEmoticon