17/06/16

Cara Memadukan Warna Pakaian Dengan Color Wheel

Tags

Memadukan warna pakaian agar terlihat matching mungkin mudah saja apabila warna netral yang dipilih seperti putih, hitam atau coklat. Namun untuk memadukan warna-warna lainnya terkadang memang menuntut kita untuk berimajinasi layaknya designer, dan hal itu pastinya menyita waktu yang tidak sedikit bagia Anda, "benar kan" ? :)

Untuk memadukan warna pakaian sebenarnya ada cara  yang cukup mudah seperti cara memadukannya menggunakan rumus color wheel. 

Mungkin Anda juga pernah belajar color wheel ini saat Sekolah Menengah Pertama pelajaran seni rupa . :) 

Color wheel atau urutan warna yang menyerupai roda warna merupakan tekhnik menggabungkan warna, baik 2warna atau beberapa warna sekaligus, yang bertujuan  agar warna pakaian terlihat matching saat dikenakan.


Untuk Menggabungkan 2 warna Anda bisa coba rumus berikut:

Rumus Color Wheel Yang Pertama Yaitu Menggabungkan 2 warna yang berdekatan 
Kombinasi dari warna yang saling bersebelahan pada color wheel akan menciptakan efek harmoni yang baik. Namun perpaduan warna bersebelahan hemat saya kurang menantang, terlalu mainstream kalau kata abegeh sekarang mah yaa,? :)

Rumus Color Wheel Yang Ke Dua yaitu Menggabungkan Warna-warna yang membentuk sudut 90 derajat. Contoh:Kuning (yellow) dengan merah oranye  (red orange), kombinasi warna ungu (violet) dengan warna biru-hijau (blue-green). Kombinasi warna yang membentuk sudut 90 derajat ini memang cocok banget bagi Anda yang tidak  mau terlihat glamor dalam berpakaian.

Rumus Color Wheel Yang Ke Tiga yaitu Menggabungkan warna yang saling berseberangan, Contohnya: perpaduan warna hijau (green) dengan warna merah (red). Contoh lain adalah perpaduan warna kuning dengan warna ungu.
Untuk memadukan warna yang bersebrangan ini memang diperlukan juga insting yang baik agar tidak terlihat berantakan, :) namun tak ada salahnya bila kamu ingin berinovasi cobalah dengan memadukan warna yang berrtabrakan ini.

Menggabungkan 3 Warna Dengan Color Wheel
Untuk menggabungkan 3 warna Anda bisa coba membentuk huruf T pada color Whell, Contoh: Blue Green, Red Orange dan Violet. hal ini memang bukan hanya bertujuan menggabungkan warna pakaian saja, namun bisa Anda aplikasikan dengan aksesoris, jilbab, topi, tas dll.

Menggabungkan 4 Warna Dengan Color Wheel
Kombinasi 4 warna ini tidaklah cukup ribet bila anda bisa memadukan 3 warna sebelumnya. jika Anda ingin memadukan 4 warna tinggal lihat saja pada color wheel apa yang bersebrangan dengan garis bawah pada huruf T. Kombinasikan warna tersebut sehingga membentuk huruf “X” pada color wheel.


Itu Saja yang bisa saya bagikan mengenai Cara Memadukan Warna Pakaian Dengan Color Wheel, Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

8 komentar

Kalau mau lihat hasil perpaduannya gimana tuh mas? saya sering pake warna dasar asal comot aja sih wwkwk

Saya baru tahu kang ada rumus penggabungan warna seperti ini, kalau dibidang fotografi biasanya menggunankan rumus CMYK dan RGB dalam mengatur komposisi warna atau mengoreksi gambar.

Untuk urusan warna pakaian, saya lebih suka yang kalem warnanya, kayak putih, krem, atau hitam sekalian. Tapi kalau pake baju warna warni, malah kayak LGBT, hahahahahahahahaahaha

Untuk hasil bisa dilihat di cermin Mas :)

Yaa hemat saya salah satu pendekatan yang banyak digunakan orang, baik digunakan oleh para seleb ataupun para desainer dalam mengkombinasikan warna pakaian mah, paling mudah dengan pendekatan roda warna atau sering disebut color wheel ini Kang. :)

Ahh, berarti gx berani untuk berinovasi ya Mas ? :)
Masalah warna memang selera masing" orang pastinya berbeda.

Dengan color wheel, saat berbusana, kita bisa jadi laksana Ivan Gunawan ya Kang Awen....

Good info nih bagi yang kepingin gaya... :D biar nggak norak dalam warna, khususnya pakaian... :D

Ya Kang Diar, setidaknya meskipun bukan designer tehnik memadukan warna dengan color wheel ini baiknya kita kuasai juga, agar tidak terlalu bingung dan menyita waktu dalam memilih pakaian yang akan dikenakan. :)


EmoticonEmoticon