25/04/17

Kemenkes Jadikan Blogger Sebagai Mitra Pembangunan Kesehatan

Tags

Benarkah Kemenkes Jadikan Blogger Sebagai Mitra Pembangunan Kesehatan ?

Memang tidak dipungkiri di era yang serba instan kini, kita bisa mendapatkan pengetahuan dengan sangat mudah. Hal ini juga menjadi harapan bagi kemenkes untuk menjadikan blogger sebagai mitra pembangunan kesehatan. Dalam hal ini Kemenkes berharap blogger dapat bekerjasama dalam mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Menurut drg. Oscar Primadi  selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI pada Temu Blogger di Bandung, Jumat (21/4). 'Kita jadikan blogger sebagai mitra strategis bagi Kemenkes, sebagai pintu masuk untuk mengembangkan, mengkampanyekan, dan mempromosikan Germas. Terutama hal-hal yang dapat mengubah mind set dan perilaku masyarkat terhadap apa yang kita anggap menjadi kendala di dalam pembangunan kesehatan,'

Peranan blogger, kata drg. Oscar, sangat penting sekali untuk menekan angka kematian akibat penyakit tidak menular, seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Begitupun penyakit tidak menular lainnya yang tidak hanya meningkatkan angka kematian, tetapi juga menyebabkan tidak efisiensinya pembangunan ekonomi kesehatan karena pembengkakan biaya akibat penyakit tidak menular.

Saat ini pergeseran pola penyakit sudah terjadi secara epidemiologis. Dahulu angka kematian akibat penyakit menular yang berbasis lingkungan, seperti DBD dan diare mencapai angka lebih tinggi dibandingkan angka penyakit tidak menular, yakni mencapai di atas 50% . Sekarang justru sebaliknya, angka kematian akibat penyakit tidak menular menjadi paling besar di dalam proporsionalnya.

'Angka itu dilihat dari klaim BPJS yang berkenaan dengan pembiyaan penyakit tidak menular yang sangat besar sekali, hal tersebut membuat pemerintah prihatin. Makannya setelah kita analisa secara menyeluruh, pembangunan kesehatan tidak bisa digerakkan hanya oleh pemerintah (Kemenkes) tapi oleh semua komponen masyarakat,' tambah drg. Oscar.

Ia berharap keberadaan blogger dapat mengkampanyekan Germas kepada masyarakat yang lebih luas lagi. Selain itu, mencoba menggerakkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Germas harus digerakkan bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat.

'Intinya, kesadaran Germas harus dilakukan bersama, tidak hanya sadar perorangan. Kita harus sadar, mau, dan mampu untuk meningkatkan kualitas hidup sehat,' kata drg. Oscar.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021)5223002, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id

9 komentar

Wah besar juga ya harapan untuk blogger bisa kondtribusi di segi kesehatan. Apalagi web Dunia Kecantikan ini. Pasti banyak orang yang mendapat informasi tentang kesehatan dari sini. So keep in post!

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) memang tidak mudah apabila hanya mengandalkan pemerintah Mas. ya mudah"an mah blog ini juga membantu :)

wah blogger semakin diakui keberadaannya nih terbukti dari ungkapan dari kepala biro kemenkes ya mas

Pastinya Mas, sekarang kan jamannya nanya terus mang google. :)

hyung juga suka nanya ke google gituh?

iya ya sekarang jamannya udah canggih banget, jadi kalau ada apa-apa pasti masuk google deh. Termasuk juga informasi2 tentang kesehatan, di web saya tuh info kesehatannya udah komplit dong :D

Aigo saya baru tau hyung :D

Dikit Mas, Jangan panggil hyung atuh, bisi disangka suka nonton drama korea :D

Ya bagus atuh kalau sudah komplit mah, semoga bisa membantu mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

please ulah nyebut hyung d blog mah wa :)


EmoticonEmoticon