26/05/17

Cara Mempercepat Penyembuhan Jerawat Dengan Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat memang sudah seharusnya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. selain mampu mencegah beberapa masalah kesehatan. Dengan menmbiasakan gaya hidup sehat sebenarnya ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat penyembuhan beragam masalah kesehatan diantaranya jerawat.

Bagaimana Cara Mempercepat Penyembuhan Jerawat Dengan Gaya Hidup Sehat?
Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya Mengkonsumsi obat-obatan saja tidak cukup untuk menyingkirkan jerawat dari wajah Anda. Obat-obatan perlu juga didukung oleh gaya hidup yang sehat dan higienis.


Ada Beberapa Cara Untuk Mempercepat Penyembuhan Jerawat Dengan Gaya Hidup Sehat, diantaranya:

1. Hindari Stres
  • Stres merupakan salah satu faktor penyebab jerawat. Peningkatan stres dapat menstimulasi kelenjar adrenalin yang bertanggung jawab memproduksi androgen. Pengeluaran hormon ini di dalam tubuh bisa memicu terbentuknya jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.
2. Tidur yang cukup
  • Untuk poin ini memang masih erat kaitannya dengan poin pertama. kurang tidur bisa menyebabkan stres, peningkatan peradangan, peningkatan resistensi insulin dan depresi.
  • Ketika sering tidur larut malam, Anda berarti memotong jumlah tidur yang dibutuhkan untuk peremajaan tubuh. Kurang tidur dapat menginduksi inflamasi sistemik. Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur yang tidak memadai menyebabkan peningkatan inflamasi sitokin. Peningkatan zat-zat di dalam tubuh meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Seperti diketahui, bahwa jerawat adalah peradangan pori-pori di kulit, jelas bahwa peradangan ini dipicu karena peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh.
  • Selain itu, kurang tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Dengan demikian memaksa tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga menyebabkan produksi sebum (minyak) meningkat dan peradangan yang menyebabkan potensi untuk pembentukan jerawat.
Meskipun tidur larut malam tidak memberikan kontribusi terhadap pembentukan jerawat secara langsung, namun faktor-faktor yang ditimbulkannya bertanggung jawab untuk pembentukan jerawat. Memang tidak ada bukti yang jelas menunjukkan bahwa kurang tidur secara langsung berkaitan dengan pembentukan jerawat. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa secara tidak langsung, kurang tidur menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada.
3. Rajin Berolahraga
  • Olahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, selain itu dengan kita rajin berolahraga dipercaya membantu meredakan produksi sebaceous (kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit yang mengeluarkan minyak yang disebut sebum) secara berlebihan. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan bisa memicu timbulnya jerawat.
4. Menjaga Kebersihan Tangan
  • Salah satu penyebab tumbuh suburnya jerawat yakni dikarenakan jemari yang nakal :) Jari jemari yang nakal biasanya sangat gregettt untuk menyentuh jerawat yang super lucu &imut. Alangkah baiknya Anda juga memeperhatikannya. Tangan kotor penuh kuman bisa juga memperbanyaka/ memperparah jerawat.
  • Ketika memiliki jerawat, Anda pasti ingin menyentuh atau memencetnya. Namun ubahlah kebiasaan itu karena menyentuh atau memencet jerawat bisa membuatnya terinfeksi atau terluka, terlebih jika kondisi tangan Anda kotor.
5. Menjaga Kebersihan Kulit
  • Cuci wajah Anda dua kali sehari. Usap dengan lembut wajah Anda menggunakan sabun, lalu bilas dengan air hangat.
  • Hindari mengaplikasikan wajah dengan facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak. Produk-produk tersebut bisa memperparah jerawat Anda.
nb; Perhatikan apa saja yang sering bersentuhan dengan wajah Anda, seperti rambut, telepon genggam, kerudung, helm, topi, atau handuk. Pastikan kebersihan benda-benda yang tertempel pada wajah Anda.
Adakah Cara Lain Untuk Mempercepat Penyembuhan Jerawat?
Jika Anda memiliki jerawat. Memeriksakan sesegera mungkin ke dokter kulit atau ahli dermatologis langkah yang baik agar jerawat tidak menjadi problem yang serius dan Anda pun pastinya bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon