24/05/17

Cara Mengobati Jerawat Batu Paling Ampuh

Jerawat merupakan problem kulit yang biasanya timbul dikarenakan pori-pori wajah tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Area kulit yang berubah menjadi merah atau bengkak itu juga bisa disebabkan adanya bakteri yang ikut masuk ke dalamnya.

Apakah penyebab adanya Jerawat Batu juga demikian?
Ini memang masih menjadi misteri, tidak ada penyebab pasti kenapa seseorang mempunyai Jerawat Batu. namun beberapa pendapat lebih menunjuk hormon androgen-lah yang menjadi faktor penyebab jerawat batu tumbuh subur di kulit. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat.

Masalah Jerawat Batu juga sering di anggap ‘warisan’ yang diberikan orang tua.
Jika salah seorang dari mereka pernah menderita jerawat batu "yang parah", maka kemungkinan Anda juga bisa memilikinya.
Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Batu ?
Untuk mengobati jerawat batu, maka Anda harus mendapat bantuan dari tenaga ahli, yaitu dokter kulit atau ahli dermatologis. Jerawat batu tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran.

Berikut ini adalah obat-obatan yang bisa menyingkirkan jerawat batu dari wajah Anda:

Antibiotik.
  • Selain bisa membantu mengontrol bakteri, antibiotik juga bisa meringankan peradangan pada jerawat batu Anda. Namun terkadang, ada pula jerawat yang kebal terhadap antibiotik.
Isotretinoin.
  • Kebanyakan orang berhasil menyingkirkan jerawat batu di kulit mereka secara permanen dan tuntas. Obat ini berfungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Jika jerawat kembali muncul, ulangi pengobatan ini atau untuk lebih jelasnya konsultasikan kepada dokter.
Spironolactone.
  • Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi hormon penyebab jerawat di tubuh Anda.
Obat oles mengandung retinoid.
  • Dokter akan memberikan obat-obatan krim, gel, atau salep yang mengandung retinoid (vitamin A). Obat oles ini dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal.

Mengonsumsi obat-obatan saja tidak cukup untuk menyingkirkan jerawat batu dari wajah Anda. Obat-obatan ini perlu juga didukung oleh gaya hidup yang sehat dan higienis.
Baca Juga: Cara Mempercepat Penyembuhan Jerawat Dengan Gaya Hidup Sehat

Sumber: Alodokter


EmoticonEmoticon