04/05/17

Dahsyatnya Kolagen Untuk Menunjang Kesehatan

Kolagen didalam tubuh kita, diperlukan sebagai bahan pembetukan protein essential( Protein penting di dalam tubuh). 30 persen protein di dalam tubuh kita adalah kolagen yang banyak ditemukan pada jaringan konektif, seperti tulang rawan dan tendon.

Selain di dalam tulang rawan dan tendon, menurut Dr. Lois, Tarakan, Kalimantan Utara, 70% protein didalam tulang, kulit, kuku, gigi dan rambut adalah kolagen.
Ada 28 jenis kolagen didalam tubuh, namun jenis kolagen tipe I sampai V merupakan jenis yang paling sering ditemukan.

Dahsyatnya Kolagen Untuk Menunjang Kesehatan mengatasi penuaan dini

Apa Manfaat Kolagen Untuk Kulit ?
Manfaat kolagen bagi kulit, diumpakan seperti tiang pada rumah, apabila tiang rubuh tentunya rumah tidak dapat berdiri dengan tegak. Kolagen pada kulit dapat meningkatkan produksi sel-sel baru, membantu meremajakan kulit, menghaluskan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya.

Pada tubuh bayi yang baru lahir memiliki kandungan kolagen dalam jumlah sangat banyak, itulah sebabnya mengapa bayi memiliki kulit yang halus dan kenyal. Seiring bertambahnya usia kolagen dalam tubuh kita-pun berkurang, seiring bertambahnya usia produksi kolagen dalam tubuh-pun berkurang. rata-rata di usia 25 tahun seorang akan kehilangan kolagennya sebanyak 1,5% dan di usia 40 tahun kolagen akan berkurang sebanyak 30-40%.

Bagaimana Bila Tubuh Kekurangan Kolagen?
Pada saat tubuh kekurangan kolagen kemungkinan yang terpengaruhi diantaranya:  bagian tubuh pada persendian tulang, perlu diketahui juga kebutuhan kolagen dalam tubuh sama pentingnya dengan kalsium pada tulang. Hal ini disebabkan kolagen berfungsi sebagai perekat tulang agar sendi menyatu dan lentur.

Penyakit degeneratif yang sering ditemukan pada persendian adalah osteoarthritis dan kram kaki. penyakit ini bersumber dari kehilangan kolagen yang membentuk 80 persen dari jumlah kepadatan tulang. sedangkan kalsium, magnesium dan fosfor hanya 20 persen saja. Hal ini juga menunjukan dengan memnuhi kebutuhan nkolagen dalam tubuh mampu mengembalikan kepadatan tulang yang normal, dan memperlambat osteoporosis.

Selsel saraf di otak juga didukung oleh jaringan kolagen. Apabila kolagen berkurang, maka penyerapan nutrisis pada otak juga akan berkurang. Kekurangan nutrisi pada otak dapat menyebabkan penyakit dementia atau pikun. Sedangkan pada mata, tepatnya otot mata, harus tetap lentur agar mata dapat bekerja dengan baik. Di usia muda, kornea mengandung banyak kolagen dan seiring dengan bertambahnya usia , kandungan kolagen yang menurun akan mengakibatkan kornea mengeras, sehingga fungsi penglihatan juga akan menurun.

Daerah kulit, rambut dan kuku juga banyak memerlukan kolagen. Kekurangan kolagen pada kulit akan membuat kulit menjadi kendur, berkerut, kusam dan bintik-bintik hitam.
Pada wanita kekurangan kolagen juga bisa menyebabkan kekenduran payudara. Pasalnya kolagen merupakan komponen utama yang mendukung dan menegakan payudara.

Kondisi rambut yang kusam, rapuh dan mudah rontok itu juga bisa dikarenakan  kekurangan kolagen. Sedangkan kekurangan kolagen pada kuku akan membuat kuku menajdi mudah patah dan rapuh.

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Kolagen Dalam Tubuh?
Selain karena faktor usia, kebiasaan sehari-hari juga dapat mempercepat berkurangnya kolagen dalam tubuh. kurangnya asupan nutrisi yang mencukupi, seperti konsumsi buah-buahan, kurang tidur, dan kurang berolahraga juga dapat mempercepat kurangnya kolagen dalam tubuh, sehingga berefek pada munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan kolagen diantaranya:

  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi baik
  • Perawatan dengan alat-alat canggih yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen
  • Suntik kolagen
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung kolagen
Itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Alasan Minuman Kolagen Lebih Disarankan Dibanding Suntik Kolagen
Glow Collagen Suplemen Terbaik Untuk Masalah Penuaan

10 komentar

Sering dengar kolagen tapi ga tau apaan itu. Ternyata fungsinya banyak ya untuk kesehatan.

Alhamdulillah saya cukup tidrur dan cukup olahraga

bila sudah diibaratkan bahwa kolagen itu seperti tiang pada rumah, berarti memang fungsi kolagen itu sangat vital bagi tubuh nih mas

jangan sampai tubuh kita kekurangan kolagen

miris jg melihat paparan dampak dari kekurangan kolagen diatas nih

Saya yg gak pernah tw tentang ini...jadi rada ngerti setelah baca.....

ya mas, tidak salah juga apabila kolagen disebut Protein penting di dalam tubuh, karena selain untuk kesehatan tubuh juga bisa menunjang kesehatan kulit.

hmm pantesan awet muda ya :)

Pastinya Mas, menunjang kebutuhan kolagen dalam tubuh juga bisa menjadi solusi untuk memperlambat penuaan.

ya Mas, semoga saja dengan adanya artikel ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang disebabkan kekurangan kolagen.

ya mas, terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon