29/05/17

Sering Merasa Lelah Saat Berpuasa? Mungkin Ini Penyebabnya

Tags

Tubuh yang merasakan lelah sesudah melakukan aktivitas mungkin itu merupakan hal yang wajar bagi setiap orang, namun apabila di setiap hari Anda merasakan lelah, letih atau tidak bersemangat tentunya ini bukanlah hal yang wajar lagi.

 Sering Merasa Lelah Saat Berpuasa? Mungkin Ini Penyebabnya

Ada 7 faktor penyebab seseorang bisa mengalami lelah secara mental maupun fisik, baik itu sedang berpuasa atau tidak.
Berikut Faktor Penyebab Seseorang Sering Merasakan Lelah:

1. Kurang Minum Air Putih
  • Salah satu manfaat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh yaknio Mendukung Sistem Otot,Otot memiliki peran yang sangat besar untuk tubuh. Otot menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjadi tempat penyimpanan energi. Selain menjaga asupan yang penting untuk otot, maka otot tubuh harus bisa merubah kondisi dengan beberapa perubahan seperti gerakan dan rileks. Air membantu menjaga kondisi otot agar stabil. Selain itu cairan dari air yang kita konsumsi itu juga dipercaya bisa menjaga otot tubuh dari kelelahan.
  • Tubuh yang kekeringan, bahkan hanya kekurangan 2% dari jumlah cairan yang biasanya ada di tubuh bisa menyebabkan hilangnya energi, menurut Amy Goodson, RD, pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. Dehidrasi sebabkan kurangnya volume darah, dan menjadikan darah mengental dan sirkulasinya kurang memenuhi kebutuhan seluruh bagian tubuh.

2. Sering Begadang
  • Waktu yang baik untuk tidur ialah tidur diawal malam dan bangun dibagian akhir malam itulah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika sering begadang adalah muka menjadi terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata. 
  • Sering  tidur diakhir malam bisa menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol. Kortisol dalam jumlah banyak akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit. Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhan hanya diproduksi pada saat tidur dalam keadaan tenang, nyaman dan lelap.

3. Sering Makan Junk Food
  • Makanan yang mengandung gula dalam jumlah tinggi dan karbohidrat sederhana berada di posisi tinggi dalam indeks glikemik (GI), indikator kecepatan peningkatan gula darah. Jika jumlah gula darah terus tinggi, kemudian tiba-tiba merosot drastis, keletihan akan timbul dengan segala dampak negatifnya.
Baca juga : Perbedaan Makna Gizi Seimbang Dan 4 Sehat 5 sempurna

4. Kurang Berlibur
  • Ini mungkin kelihatannya seperti bahan candaan/ hal yang spele, namun dipercaya atau tidak Disela kesibukan yang padat tubuh kita juga perlu beristirahat agar kesehatan tubuh siembang. Bahkan memeriksa e-mail saja di hari-hari libur, di mana Anda sebenarnya harus bersantai tanpa bekerja dipercaya bisa menyebabkan “burn out”. Mencabut segala hubungan dengan pekerjaan dan membiarkan diri terlepas dari ketegangan di kantor, ibaratnya meremajakan lagi pikiran dan kondisi fisik yang bisa membuat Anda kembali ke kantor dalam keadaan segar.
  • Tidak usah buat orang lain merasa senang. Apalagi jika itu makan energi dan kesenangan sendiri. Jika berlarut, kebiasaan ini bahkan bisa membuat orang merasa gelisah dan kemarahan mudah timbul. Latih diri untuk mengatakan “tidak” dengan keras, saran Susan Albers, pakar psikologi klinis pada Cleveland Clinic. Kata itu lebih mudah diucapkan bila orang biasa mendengar diri sendiri mengatakannya.

5. Tidak Berolahraga Jika Lelah
  • Tidak berolahraga jika lelah sebenarnya berefek negatif atas tubuh. Olahraga teratur dorong kekuatan dan ketahanan tubuh, menolong efisiensi sistem kardiovaskular, juga mendorong penyebaran oksigen dan mineral penting ke seluruh tubuh. Jadi jika merasa tergoda untuk bermalasan, setidakya paksakan berjalan sedikit di udara segar.
6. Kurang Mengkonsumsi Zat Besi
  • Kekurangan zat besi bisa membuat orang merasa letih, mudah tersinggung, lemah dan tidak bisa fokus. Orang merasa lemah karena oksigen kurang mengalir ke otot dan sel. Tingkatkan konsumsi zat besi untuk mencegah risiko anemia, dan kombinasikan dengan makanan yang mengandung banyak vitamin C, karena vitamin C mendorong penyerapan zat besi oleh tubuh.
Baca Juga: Suplemen Terbaik Untuk Meningkatkan Stamina & Energi Setiap Hari.
7. Terlalu Mengandalkan Kopi
  • Memulai hari dengan secangkir kopi bukanlah langkah salah. Bahkan menurut studi, minum kopi sampai tiga cangkir sehari baik bagi tubuh. Tapi menggunakan kafein secara berlebihan bisa mengganggu siklus tidur dan bangun yang bisa memicu stres.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Penyebab Seseorang Sering Merasakan Lelah, Semoga bermanfaat.

4 komentar

Satu poin lagi; ga ada duit.
Ga ada duit membuat kita jadi ga semangat dan lemas :)

JANGAN BEGADANG ingat hadirin hadirot :D
Pantesan tubuh berasa lelah dan lemas, kerja matanya gmau melek, kalo nnton drama mah duka tah

Beuhh, jangan terlalu khawatir atuh prkara duit mah Mas, semua sudah diatur Allah yang Maha Kuasa. cara kita menjemputnya halal atau haram itu yang mestinya difikirkan.

#Semangat :)

Nah itu point nya, ingat aja kata bang haji Mas, bila terlalu banyak begadang segala penyakit akan mudah datang. :)
jngan lupa sediain tisu klo nnton drama korea mah :D


EmoticonEmoticon