20/04/18

Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Tags

Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Kulit merupakan bagian terluas dari tubuh manusia. Ia membungkus seluruh tubuh sekaligus sebagai garis depan untuk menerima rangsang panas, dingin dan sentuh, membantu pengaturan suhu tubuh, serta melindungi tubuh saat bersentuhan langsung dengan sumber penyakit.

Sebagian besar wanita tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya merawat kulit, namun dengan tidak mengetahui jenis kulit tentunya juga bingung dalam menentukan produk perawatan kulit yang mana yang benar cocok untuk kulit Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui tiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jenis kulit yang dimiliki berhubungan juga dengan perawatan kulit yang dijalani. Jenis kulit manusia ada lima jenis, yaitu normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Namun jenis kulit bisa berubah seiring pertambahan usia.  Penting untuk mengetahui jenis kulit sebelum perawatan kulit.

Untuk menentukan jenis kulit apa yang Anda miliki, coba cek kulit Anda dengan tanda-tanda di bawah ini.

Jenis Kulit Normal
Kulit normal adalah dambaan semua orang. Jenis kulit ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Tingkat kelembapan kulitnya pun sangat terjaga. Sehingga membuatnya terlihat bersih, halus, sehat, dan bercahaya. Jika Anda memiliki kulit normal, pori-pori Anda nyaris tidak terlihat.

Jenis Kulit Kering 
Tidak seperti kulit normal, tingkat kelembapan jenis kulit ini sangat kurang sehingga membuat kulit terlihat kusam, kasar, dan tidak kenyal. Bahkan garis-garis pada wajah bisa terlihat dengan jelas. Pemilik jenis kulit ini juga sensitif terhadap beberapa kondisi yang bisa membuat kulit tambah kering. Seperti ketika terkena sinar matahari berlebihan atau memiliki kebiasaan mandi air panas, kulit bisa mengelupas, iritasi, atau gatal.

Jenis Kulit Berminyak 
Orang yang memiliki kulit berminyak, pori-porinya akan terlihat dan memproduksi banyak minyak. Wajah akan terlihat mengkilap karena produksi minyak yang lebih banyak. Biasanya, orang dengan kulit berminyak lebih berpotensi memiliki jerawat, komedo, dan noda pada wajah.

Jenis Kulit Sensitif 
Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk krim, khususnya yang  mengandung ekstrak tumbuhan, asam kojic, dan tretitonin. Kulit sensitif sangat rapuh dan mudah kering, sering mengalami gatal, kemerahan, dan lebih cepat terbakar sinar matahari.

Jenis Kulit Kombinasi 
Dua jenis kulit bisa dimiliki oleh seseorang yang memiliki kulit kombinasi. Di beberapa bagian, kulitnya bisa kering dan di bagian lainnya berminyak, biasanya di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Komedo, kulit mengkilap, dan pori-pori yang besar pun bisa terlihat di wajah pemilik kulit ini.

Itu saja yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Mencegah Timbulnya Penuaan Pada Kulit Tangan
Kenapa Sering Jerawatan Saat Haid?
Kenapa Kulit Susah Putih?


EmoticonEmoticon