15/11/18

Cara Simpel Mengatasi Kulit Kering

Tags

Cara Simpel Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering atau yang sering disebut xerosis atau xeroderma dalam dunia medis, merupakan kondisi umum yang dialami kulit di mana terdapat kekurangan cairan di lapisan terluar kulit. Kondisi ini lebih rentan di alami oleh orang-orang lanjut usia dibanding orang-orang yang berusia muda.

Benarkah kulit kering hanya menimpa kaum wanita?
Jelas ini tidaklah benar, kondisi kulit kering bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Kondisi kulit kering umumnya bergantung pada kondisi  kesehatan, tempat tinggal, lama berada di ruangan terbuka, serta usia. Semakin bertambah usia, makin tipis dan makin kering kulit seseorang. Perubahan ini wajar mengingat makin tua seseorang makin berkurang hormon yang diproduksi tubuh. Termasuk hormon-hormon yang terkait dengan kesehatan kulit.

Beberapa Gejala dan Penyebab Kulit Kering
  • Permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. 
  • Seorang yang memiliki kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Kemerahan dan rasa gatal juga biasa muncul.
  • Terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.
Ada beberapa cara simpel yang bisa Anda coba untuk mengatasi kulit kering, diantaranya:
Mengubah  frekuensi dan durasi mandi.
Pastikan mandi tiap hari, namun lakukanlah secukupnya, jadi jangan terlalu sering. Selain itu, usahakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit.
Pastikan menggunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesegaran kulit.
Jika perlu, gunakan pelembap segera sesudah mandi. Gunakan handuk halus untuk mengeringkan badan dan jangan menggosok kulit dengan alat yang keras.

Hindarilah panas atau terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.
Cukupi kebutuhan cairan Anda setiap hari, kira-kira sebanyak 2 hingga 3 liter sehari. Jika Anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan, seperti eksim atau dermatitis, disarankan untuk mengunjungi dokter kulit.

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Cara Simpel Mengatasi Kulit Kering, semoga bermanfaat.

Artikel terkait: 
Kulit Kering Memasuki Usia 30
3 Vitamin Untuk Kulit Kering Yang Nyata Khasiatnya
Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon