Benarkah Aerobik Memperlambat Penuaan ?

Aerobik adalah jenis senam yang terkenal saat ini, sebagai teknik untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Menurut analisisi yang dipublikasikan dlam British journal of sport medicine, dengan mempertahankan senam aerobik sampai usia pertengahan dan meneruskan gaya hidup ini sampai usia tua, seseorang dapat menunda umur biologisnya hingga 12 tahun (terlihat lebih muda 12 tahun).

Benarkah Aerobik Memperlambat Penuaan ?

Manfaat aerobik bagi kesehatan antara lain:
-Meningkatkan konsumsi oksigen tubuh yang diperlakukan untuk memnbangkitkan eergi melalui proses metabolisme.
-Olahraga aerobik yang rutin, dapat memperlambat penuaan secara biologis.
-Olahraga aerobik intesitas tinggi dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan kekuatan aerobik maksimum sebesar25%. ini setara dengan perolehab 6ml/kg/menit atau jika dibandingkan menjadi 10-12 tahun usia biologis.
-Dapat menurunkan risiko penyakit serius
-Setelah cedera atau sakit, waktu pemulihan lebih singkat daipada individu yang tidak melakukan aerobik
-Menurunkan risiko terjatuh dengan mempertahankan kekuatan otot
-Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain aerobik, ada beberapa jenis senam yang dapat dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan, kebugaran, dan kecantikan, diantaranya:

1. Senam Low Impact
Sebenarnya, variasi gerakan dalam low impact hampir sama dengan senam aerobik. Hanya saja low impact dilakukan dengan irama yang lebih lambat. Gerakan dasarnya berupa jalan dan tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan aerobik, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh.
Karena sifatnya lambat, maka senam Low Impact ini boleh dilakukan siapa saja baik orang tua maupun muda boleh melakukannya, selain itu senam low impact variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

2. Senam Body Language
Senam body language merupakan istilah dan tren baru dalam dunia senam. Jika diperhatikan, senam body language ini bukanlah gerakan-gerakan senam yang baru. body language merupakan gabungan jenis senam yang sudah ada, antara lain senam pembentukan, senam nafas, gerakan dasar jazz, dan gerakan balet.
Body language lebih mengutamakan gerakan-gerakan untuk kelenturan dan pembentukan otot tubuh. Bila senam ini dilakukan dengan benar dan tepat dapat menghasilkan bentuk tubuh yang indah dengan kelenturan yang baik, disamping untuk menjaga stamina.
Body language juga mengombinasikan gerakan-gerakan senam dengan cara pernafasan yang benar. Hasilnya, stamina dan kesehatan tubuh yang baik. Selain itu senam ini baik untuk wanita terutama mereka yang mempunyai problem dengan bentuk tubuh yaitu obesitas ataupun bentuk bagian tubuh tudak proporsional.

3. Body Performance
Pada senam body performance, teknik gerakannya hampir sama dengan body language. Bedanya gerakan-gerakan pada body language banyak berfokus pada daerah pingang serta pingggul. Sedangkan body performance, sesuai namanya yaitu, untuk menampilkan tubuh. So gerakan-gerakan yang dilakukan lebih merata pada seluruh bagian tubuh.
Pada body language banyak dipakai dasar gerakan nafas dan pembentukan sedangkan senam body performance banyak memasukan gerakan dasar balet, jazz, dan lebih pada kelenturan tubuh. Senam ini cocok untuk segala usia.
Benarkah Aerobik Memperlambat Penuaan ? Benarkah Aerobik Memperlambat Penuaan ? Reviewed by Awen Fals on Maret 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.