Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

manfaat kacang ijo
Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan~
Ketika ada kata kacang ijo apa yang ada dalam benak kalian?
bubur, onde, es krim,sayur, bakpau, jendela, jojodog atau apa?heu
pasti lah kacang ijo tak asing lagi di telinga kacang ijo sering kita temukan dalam bebagai jenis olahan makanan maupun minuman.
Kacang hijau Vigna radiata adalah sejenis palawija yang termasuk suku polong-polongan fabaceae yang memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari sebagai bahan pangan berprotein tinggi. kacang ijo juga dikenal luas di daerah tropika, di Indonesia kacang ijo menempati urutan ke 3 terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. Tanaman ini dapat tumbuh pada kawasan tropis dan dataran rendah kisaran ketinggian antara 5-700 M diatas permukaan laut, tanaman kacang ijo membutuhkan kelembaban udara kurang lebih sekitar 50% hingga 89% dan membutuhkan kurang lebih 10 jam perhari untuk dapat terpapar sinar matahari.

Berikut sedikit ulasan tentang kandungan dan manfaat yang ada di dalam kacang hijau :
  • Karbohidrat, kandungan karbohidrat yang terdapat didalam kacang hijau memiliki 19 gram tiap 100 gram-nya
  • Tinggi serat, kandungan serat ini akan sangat membantu dalam melancarkan pencernaan karena bisa membersihkan dari zat-zat yang beracun, sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.
  • Tinggi protein, kandungan protein tertinggi dari kacang hijau merupakan sumber protein dari nabati, bermanfaat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak dan organ tubuh lainnya.
  • Rendah lemak, kandungan rendah lemak dari kacang hijau ini sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang menghindari konsumsi makan dengan kadar lemak yang tinggi
  • Asam lemak esensial, kandungan asam lemak yang ada di kacang hijau yaitu omega 3, omega 6 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga mengandung.
  • Vitamin,kandungan dari kacang hijau kaya sekali akan vitamin seperti vitamin C, A, B1, asam folat, riboflamin B6, thiamin, niasin dan panthothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi.Baik di konsumsi bagi yang sedang hamil untuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Mineral, kandungan mineral yang terdapat pada kacang hijau banyak sekali seperti zat besi, magnesium, selenium, phosphorus, zinc, potassium dan manganese
  • Antioksidan, kandungan fitosterol pada kacang hijau bisa menjadi antioksidan didalam tubuh yang membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker. 
Selain untuk kesehatan tubuh kacang hijau juga baik untuk kesehatan kulit, seperti mengobati jerawat dan membuat kulit wajah mulus, dengan menjadikan masker.
bila anda ingin mencobanya coba ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Siapkan bahan:
  1. 100 gram kacang hijau
  2. 2 sendok makan plain yogurt atau yogurt tanpa rasa.
Cara Membuat:
  • rendam kacang hijau kurang lebih selama 1 jam.
  • Kemudian tumbuk kacang hijau sampai berbentuk halus.
  • Campur kacang hijau dengan yogurt, aduk hingga rata.
  • Sebelum digunakan pada wajah, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan. Baru setelah itu oleskan dengan masker kacang hijau pada seluruh permukaan wajah.
  • Diamkan masker yang telah menempel pada wajah kurang lebih selama 30 menit
  • Terakhir, bersihkan wajah dengan air dingin, tepuk-tepuk wajah dengan handuk kering.
Bila anda ingin membuat masker tersebut jangan lupa memakai kertas masker khusus atau kain yang tipis sebagai alas masker, saya tidak menyarankan untuk yang mempunyai kulit sensitif. semoga artikel ini bermanfaat.
Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Reviewed by Awen Fals on September 02, 2015 Rating: 5

84 komentar:

  1. bisa ya kacang ijo jadi asker. maklum saya ga pernah maskeran kayanya atau sekali mungkin.
    kalo di saya kacang ijonya jadi bubur aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa mas, heu masa cuma dibuat bubur, emang tidak ada onde-onde atau molen yang isikan kacang ijo, ? :)

      Hapus
    2. Saya sukanya martabak kacang hijau Mas Awan apa ke Mas Hendri nih saya. masih bingung Mas Adminya hehhehe :D

      Hapus
    3. Kalau beli martabak jangan lupa saya, kalau masalah admin sebut saja mas hendri irawan agar ke2nya kesebut :D

      Hapus
  2. Buat ibu hamil juga sangat dianjurkan nie makan bubur kacang ijo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heu, ya juga sih, saudara perempuan saya juga dulu waktu hamil sering banget tuh makan burjo :)
      terimakasih penambahannya mas.

      Hapus
    2. Buat sayah yang masih abegeh dalam masa pertumbuhan cocok gak ya Mas Bubur kacang hijau ituh?

      Hapus
    3. buat yang mas saud sangat baik pastinya :)

      Hapus
  3. Saya biasanya gunakan masker kopi sama putih telur

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya mas, saya baru tau kopi itu bisa dijadikan masker. :)

      Hapus
    2. Kalau telor biasanya saya mah buat mainan Mas.? Main ngadu telor asin maksud na heheh :D

      Hapus
  4. cukup mudah juga ya bikin nya, kacang hijau selain enak di bikin bubur, ternyata banyak khasiatnya

    BalasHapus
  5. Wah kemarin aku habis tanam kacang hijau di sawah mudah-mudahan bisa panenn, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat mas, amin semoga melimpah panennya mas :)

      Hapus
    2. Kalau dah panen kacang Hijau nya anterin saya ya Mas Dzaky..oke?

      Hapus
    3. saya juga mau dong klau gretongan mah :)

      Hapus
  6. Must have try, masker kacang hijau :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siph oh ya mesti di garis bawahi mba bila ingin membuat masker tersebut jangan lupa memakai kertas masker khusus atau kain yang tipis sebagai alas masker yaaa.?
      saya tidak menyarankan untuk yang mempunyai kulit sensitif. semoga artikel ini bermanfaat. :)

      Hapus
    2. Mas Awan lihai sekali dalam hal kesehatan. apalagi yang menggunakan kacang kacangan :D

      Hapus
    3. kan belajar dari mas saud :D

      Hapus
  7. selain enak ternyata banyak manfaat juga ya, saya suka makan bubur kacang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas em, saya juga suka. :)

      Hapus
    2. Apa lagi saya sukaaaaaa banget yang nama nya Kacang :D

      Hapus
  8. kata teman saya,biar rambutnya jarang beruban banyak2 makan bubur kacang hijau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kacang hijau itu kaya manfaatnya juga untuk kesehatan.

      Hapus
  9. Keren kang cara membuat masker dari bahan kacang hijau, boleh nih biar kulit halus mulus. Terimakasih Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama-sama kang namun perlu di ingat juga bila mas ingin membuat masker tersebut jangan lupa memakai kertas masker khusus atau kain yang tipis sebagai alas masker, saya tidak menyarankan untuk yang mempunyai kulit sensitif. semoga artikel ini bermanfaat.

      Hapus
  10. emang enak kacang ijo apalagi dibuat bubur minumnya malem wah sueger, tapi ternyata bagus juga buat kulit jadi kinclong

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiss mba ani ternyata suka juga konsumsi yaa, ya mba memang kacang hijau itu banyak sekali manfaatnya selain untuk kesehatan untuk perawatan kulit juga bisa . :)

      Hapus
  11. menu wajib dan favorit sejak masa kecil hehehe

    BalasHapus
  12. kaLo ngeLihat kacang ijo, saya mah suka inget sama kue poci. apaLagi kaLo dapet oLeh-oLeh, aLias gratisan. tapi mah yang paLing mantep rahasia kesehatan bagi kuLit dibaLik Lezatnya rasa oLahan kacang ijo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh ya juga mas, udah lama juga gx makan moci. kalau punya gratisan jangan lupa bagi-bagi saya yaa? :)
      memang masmanteph ternyata si kacang ini, kaya manfaat juga untuk kesehatan mas.heu

      Hapus
    2. Waduh saya mau dong Om Rame kue moci rasa kacang Hijau nya.. Mas Awan mau juga kan.?

      Hapus
    3. kalau gitu saya juga sekalian di bagi ya...makasih...heeee

      Hapus
    4. oh jelas mau bangett mas, :)
      si mbah juga gx mau ketinggalan nih mas saud, kasih gx ?heu

      Hapus
    5. jiaaah, mending kabur akh. soaL mocinya tinggaL satu :D

      Hapus
  13. with, says termasuk penggemar kacang hujau dan kacang merah. diapa apain enak enak aja hihihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi olahan apapun yang pakai kacang ijo suka gitu,? hebat atuh lah :D

      Hapus
    2. Termasuk saya paling Favorite yang nama nya Kacang. apalagi kacang hijau

      Hapus
    3. enak dan gampang membuatnya...mana vitaminnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh

      Hapus
  14. Buat yang ingin diet disarankan makan kacang hijau ya, karena rendah lemak dan memiliki kandungan yang bermanfaat lainnya...

    BalasHapus
  15. wihii. salah satu favorite saya ini, apa lagi jadikan bubur kacang ijo :D

    BalasHapus
  16. yg saya tau kacang hijau sangat bagus untuk anak mas.
    tp penjelasan gamblangnya baru baca diartikel ini.
    makasih banget karena menambah wawasan saya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama-sama mas yan, semoga saja dengan mengetahui manfaatnya bisa menambah minat juga untuk konsumsi kacang hijau. :)

      Hapus
  17. Kacang hijau itu palawija yang enak rasanya untuk berbagai aneka kue dan makanan, namun sangat bermanfaat juga buat kesehatan ya Mas Hend

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas saud, jangan lupa martabaknya bagi-bagi yaa ? :)

      Hapus
  18. saya suka makan es kacang hijau...segar hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar juga sih kadang kacang hijau juga suka diolah menjadi es kacang :)

      Hapus
  19. untung aja keluarga saya termasuk suka dengan kacang hijau....murah meriah, mengenyangkan, dan bergizi juga...oh ya satu lagi gan, kalau sari kacang hijau diminum sewaktu hamil, bisa menyuburkan rambut bayi ketika lahir nantinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip, memang sih kacang hijau itu murah meriah juga dipasaran, tuh kan sari kacang hijau juga ternyata bagus juga, memang kaya manfaat juga kacang hijau itu ya mbah? heu
      terimakasih mbah untuk penambahannya.

      Hapus
  20. kacang hijau adalah salah satu sayuran favorit saya kang,tapi anehnya makan kacang dari dulu kok gak nambah panjang tubuhnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah itu ma tanyakan saja sama mas hendri spesialis panjang memanjangkan. :)

      Hapus
  21. Waahh Kang selain enak dimakan, ternyata kacang hijau juga bisa dijadiin masker ya.. mantabs! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kang namun saya tidak menyarankan untuk yang mempunyai kulit sensitif. :)

      Hapus
  22. Iyya gan, emang kacang ijo banyak manfaatnya..apalabi untuk anak2..

    BalasHapus
  23. klo sudah jadi isian onde2 demen banget

    BalasHapus
  24. Enak kalau di bikin bubur dan jadi isi dalam makanan onde-onde. Tapi kalau di teliti lagi kacang hijau ini bermanfaat banget untuk kesehatan kulit khususnya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitu lah mba wida, kacang hijau memang kaya manfaat untuk kesehat dan juga kulit kita. :)

      Hapus
    2. kalo kacangnya engga hijau gimana tu urusannya?

      Hapus
    3. urusannya mas hendri itu ma, saya cuma mengurus kacang hijau. :)
      terimakasih

      Hapus
  25. selain bisa dbikin bubur kacang ternyata bisa dibikin masker toh kang. sambil di suruput sambil di oles ke pipi gitu ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jhahaha, kalau untuk mang aduls mah bebas deh mau gimana juga :D
      ya ada baiknya sesuai prosedur yang sayaa terangkan mang, oh ya perlu di ingat juga saya tidak menyarankan untuk yang mempunyai kulit sensitif. :)

      Hapus
  26. Setahu saya kacang hijau selain enak dikonsumsi, juga baik buat rambut dan bisa untuk diet...
    ternyata ada manfaat lainnya yaitu buat masker (kesehatan wajah/kulit)
    terima kasih infonya mas Awan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heu, ya sama-sama semoga infonya bermanfaat, oh ya jangan lupa saya tidak menyarankan untuk yang punyai kulit sensitif yaaa :)

      Hapus
  27. Saya tiap hari makan kcg ijo rebus tanpa dikasih apa2. Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  28. Saya kenal kacang hijau karena buburnya yang hhmm..enak mantap :)

    BalasHapus
  29. Ah bubur kacang ijo tuh favorit saya banget.

    BalasHapus
  30. Kacang ijo tuh enak. ternyata bisa buat masker juga ya. Tapi gak bisa dicoba soalnya kulitku sensitif.

    BalasHapus
  31. Baru tw bisa utk masker kulit. Saya paling suka bubur kacang hijau + bubur ketan hitam :D
    Klo ditanam kacang hijau tumbuhnya jadi toge

    BalasHapus
  32. Selalunya dibuat bubur. Baru tau boleh juga dibuat masker. Bahannya juga mudah di cari. Nanti dicoba

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.